JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Peran Filsafat Bahasa terhadap Pengembangan Kurikulum Bahasa Indonesia Berbasis Outcome Based Education

Kabeakan, Nuraini (Unknown)
Sebayang, Dea Shintya Br (Unknown)
Tambunan, Indah Sari Br (Unknown)
Angkat, Puriandari (Unknown)
Srimiati, Srimiati (Unknown)
Budiman, Budiman (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Apr 2024

Abstract

Filsafat bahasa memiliki peran penting dalam pengembangan kurikulum bahasa Indonesia seperti, membantu memahami tujuan pembelajaran bahasa, memilih metode pengajaran yang tepat, menekankan pentingnya konteks dalam pembelajaran bahasa, dan memberikan kerangka pemikiran kritis untuk isu-isu dalam pengajaran bahasa. Pemahaman dan penerapan filsafat bahasa dapat meningkatkan pengajaran dan pembelajaran bahasa yang efektif, kontekstual, dan relevan, sehingga meningkatkan kualitas pendidikan bahasa di Indonesia. Dalam pengembangan kurikulum berbasis OBE, pemahaman yang mendalam tentang filsafat Bahasa membantu dalam menetapkan tujuan pembelajaran yang konkret dan terukur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR). Pengumpulan data diperoleh dengan mendokumentasi artikel yang terkait pada penelitian serupa. Artikel yang didapat dan digunakan pada penelitian ini sebanyak 5 artikel jurnal nasional yang diperoleh dari database Google Scholar, Crossref, dan Semantic Scholar dengan menggunakan aplikasi Publish or Perish.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...