Masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar matematika siswa apat ditingkatkan melalui penggunaan model Guided Note Taking?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model Guided Note Taking. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SD Negeri 9 Talaga Raya yang jumlahnya 18 orang. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa pedoman observasi dan hasil tes belajar matematika. Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah pembelajaran matematika dengan menggunakan metode Guided Note Taking dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 9 Talaga Raya. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil tes dan besarnya persentase ketuntasan belajar siswa. Berdasarkan hasil tes siklus I rata-rata persentase ketuntasan hasil belajar matematika yaitu 67% dengan kualifitasi “baik”. Pada siklus II (akhir siklus) rata-rata persentase hasil belajar matematika siswa meningkat menjadi 89% dengan kualifikasi “sangat baik”.
Copyrights © 2024