JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Pengaruh Uang Saku Bulanan terhadap Gaya Hidup dan Perilaku Konsumsi Makanan Tidak Sehat pada Mahasiswa

Rahmadhani, Annisa (Unknown)
Nur Arfah, Esa Putri (Unknown)
Alawiyyah, Inayah (Unknown)
Ramadanti, Salsa Aulia (Unknown)
Lushinta, Istiqomah Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2024

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh uang saku bulanan yang diterima mahasiswa setiap bulan dari keluarganya terhadap gaya hidup dan perilaku konsumsi makanan yang tidak sehat pada Mahasiswa di Universitas Pendidikan Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi menggunakan kuesioner dengan google form berjumlah 7 soal, yang terdiri dari 1 soal terbuka dan 6 soal diantaranya tertutup. Teknik menganalisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui pendekatan analisis data yang mencakup tiga kegiatan secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uang saku bulanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap gaya hidup mahasiswa. Gaya hidup yang lebih tinggi disebabkan oleh uang saku bulanan mempengaruhi perilaku konsumsi makanan tidak sehat pada mahasiswa. Hasil penelitian ini sejalan dengan penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa uang saku juga memiliki pengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Diharapkan artikel ini dapat digunakan referensi untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa tentang pentingnya mengelola uang saku dengan baik dan memilih makanan yang seimbang dan sehat untuk meningkatkan kesehatan mereka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...