JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengaruh Model Peta Pikiran (Mind Mapping) terhadap Kemampuan Menulis Rangkuman Alur Cerita Fiksi pada Siswa Kelas VIII MTs Nurul Huda Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023

Yulistya, Aura Rezki (Unknown)
Febriyana, Mutia (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model peta pikiran (mind mapping) terhadap kemampuan menulis rangkuman alur cerita fiksi pada siswa kelas VIII MTs Nurul Huda Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Nurul Huda Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023 yang terdiri atas tiga kelas yaitu VIII-A, VIII-B, dan VIII-C yang berjumlah 97 orang siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif, penelitian ini menggunakan design penelitian one-group-pretest-posttest. Instrumen penelitian ini berupa tes yaitu dengan tes menulis rangkuman alur cerita fiksi. Berdasarkan teknik analisis data, dapat diketahui bahwa menulis rangkuman alur cerita fiksi dengan menggunakan model peta pikiran (mind mapping) memperoleh nilai rata-rata 87,60 dibuktikan dengan rincian 85-100 berjumlah 22 siswa dengan presentase 78,57% dan 70-84 berjumlah 6 siswa dengan presentase 21,42%. Sedangkan kemampuan menulis rangkuman alur cerita fiksi sebelum menggunakan model peta pikiran (mind mapping) dengan nilai rata-rata 68,70 dibuktikan dengan rincian 85-100 berjumlah 4 orang dengan presentase 14,28%, 70-84 berjumlah 8 orang dengan presentase 28,57% dan 55-69 berjumlah 16 orang dengan presentase 57,14%. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model peta pikiran (mind mapping) terhadap kemampuan menulis rangkuman alur cerita fiksi pada siswa kelas VIII MTs Nurul Huda Medan tahun pembelajaran 2022/2023.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...