Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui validitas, kepraktisan dan efektivitas multimedia pembelajaran interaktif dengan kuis PeNA berbantuan power point iSpring pada pelajaran IPAS topik daerahku dan kekayaan alamnya kelas IV di UPTD SDN 010028 Simpang Empat tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Hasil validasi oleh ahli materi terhadap media pembelajaran berbasis video diperoleh skor persentase sebesar 96,6% dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil validasi oleh ahli media diperoleh skor persentase 83,2% dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil penilaian media oleh guru diperoleh skor dengan persentase 96% dengan kriteria “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil implementasi ditemukan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik, dimana rata-rata hasil belajar pada pre test yaitu 50,72 sedangkan rata-rata pada post test yaitu 82,25. Pembelajaran dengan menggunakan media multimedia pembelajaran interaktif di kelas IV pada topik daerahku dan kekayaan alamnya efektif digunakan. Hal ini terbukti dari rata-rata skor N-Gain persen sebesar 65,33 dengan kategori “Efektif”.
Copyrights © 2024