JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Kesesuaian Buku Teks Bahasa Indonesia dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Negeri 064037 Medan Tembung

Arezsya, Rahma Andien (Unknown)
Billa, Salma Nursyah (Unknown)
Barus, Nuraini Br (Unknown)
Prasasti, Tri Indah (Unknown)
Hanum, Inayah (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2024

Abstract

Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum terbaru yang diterapkan di Indonesia sejak tahun 2022. Kurikulum ini memiliki fokus pada pengembangan karakter dan keterampilan berpikir kritis peserta didik. SD Negeri 064037 Medan Tembung merupakan salah satu sekolah yang menerapkan Kurikulum Merdeka. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesesuaian buku teks dengan Kurikulum Merdeka dan penerapan Kurikulum Merdeka di SD Negeri 064037 Medan Tembung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan cara mempelajari satu kasus secara mendalam. Peneliti mengumpulkan data dengan cara mewawancarai guru wali kelas 1 dan menganalisis buku teks yang digunakan di kelas 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku teks yang digunakan di SD Negeri 064037 Medan Tembung belum sepenuhnya sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Selain itu, penerapan Kurikulum Merdeka di sekolah tersebut belum menyeluruh, di mana kelas 3 dan kelas 6 masih menggunakan kurikulum 2013. Meskipun demikian, penerapan Kurikulum Merdeka di SD Negeri 064037 Medan Tembung membawa beberapa dampak positif, yaitu meningkatkan motivasi dan semangat belajar peserta didik, meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berdiskusi dan memecahkan masalah, dan memusatkan pembelajaran pada peserta didik. Namun, penerapan Kurikulum Merdeka juga memiliki beberapa tantangan, yaitu kurangnya media pembelajaran dan buku teks yang tidak lengkap materinya dan monoton.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...