JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengaruh Metode Drill terhadap Keaktifan Siswa Belajar Fiqih di Kelas VII Mtsn 1 Lima Puluh Kota

Fauziah, Hafizatil (Unknown)
ilmi, Darul (Unknown)
Wati, Salmi (Unknown)
Deswalantri, Deswalantri (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 May 2024

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa masalah yang penulis temukan di kelas VII MTsN 1 Lima Puluh Kota pada mata pelajaran fiqih. Di dalam proses pembelajaran terdapat kurangnya keaktifan belajar siswa. Proses pembelajaran yang bersifat monoton, kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari, kurangnya keberanian siswa saat tampil didepan kelas, pembelajaran masih berpusat kepada guru. Guru menggunakan metode konvensional. yang menyebabkan peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Berlokasi di MTsN 1 Lima Puluh Kota. Adapun sampel pada penelitian ini berjumlah 64 siswa di kelas kontrol berjumlah 32 siswa dan dikelas eksperimen berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari data penelitian diperoleh hasil uji hipotesis menggunakan independent sampel t test, maka hasilnya menunjukan signifikansi 0,000, diketahui jika sig (2-tailed = 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Metode Drill Terhadap Keaktifan Siswa Belajar Fiqih Di Mtsn 1 Lima Puluh Kota.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...