JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengaruh Penggunaan Media Poster terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di MI Muhammadiyah Ngadirejan

Aini, Nur (Unknown)
Ruhardi, Rudi (Unknown)
Agustiani, Happy (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan media poster terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA. Metode penelitian yang diterapkan adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari 40 siswa, mencakup siswa kelas IV dan kelas V di MI Muhammadiyah Ngadirejan, yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi angket, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dengan uji regresi linier sederhana menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang mengindikasikan adanya pengaruh yang signifikan. Hasil uji signifikansi t memperlihatkan bahwa t hitung (4,596) lebih besar dari t tabel (1,685). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media poster memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IV dan V di MI Muhammadiyah Ngadirejan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...