JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Penerapan Literasi Digital Guru Berbasis E-Book dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di SD Kapasan III Surabaya

Setiawan, Rosa Anandatiya Dermawanti (Unknown)
El-Yunusi, Muhammad Yusron Maulana (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2024

Abstract

Literasi digital merupakan peran penting dalam berbagai aspek kegiatan pendidikan yang bertujuan untuk membekali individu agar dapat berkontribusi secara bermanfaat dalam masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca siswa menggunakan e-book sebagai media pembelajaran dengan menerapkan literasi digital oleh guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan observasi dan wawancara serta obyek dari penelitian ini siswa SD Kapasan III Surabaya. Peneliti juga menggunakan tiga jenis indikator dalam menyelesaikan penelitian; jenis bacaan, kemampuan memahamai bacaan, motivasi membaca. Serta dalam penerapannya melalui lima tahap; penggunaan teknologi dalam literasi, penyampaian materi, pemantauan dan pembimbingan literasi digital serta evaluasi dan penyesuaian strategi literasi digital. Sehingga penelitian ini berhasil meningkatkan minat baca e-book siswa di SD Kapasan III Surabaya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...