JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Analisis Kesesuaian Materi Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VII terhadap Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka

Helmi, Muthia Ayyuni (Unknown)
Prasasti, Tri Indah (Unknown)
Nurrokhim, Trihana (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2024

Abstract

Pada kurikulum Merdeka, materi pada buku teks siswa haruslah sesuai dengan Capaian Pembelajaran (CP) yang telah ditentukan pada Surat Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 033/H/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka. Namun, yang menjadi permasalahan saat ini adalah apakah buku teks yang digunakan di sekolah saat ini sudah relevan dengan kurikulum yang berlaku? Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menilai kesesuian materi buku teks terhadap capaian pembelajaran kurikulum Merdeka. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis konten. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka diperoleh kesimpulan bahwa pada buku teks kelas VII yang diterbitkan oleh kemendikbudristek 2021 telah menyesuaikan dengan elemen-elemen capaian pembelajaran (CP) yang ada pada Kurikulum Merdeka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...