JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengaruh Influencer Marketing terhadap Purchase Intention Konsumen: Analisis melalui TPB dalam Industri Pemasaran Fashion Online

Azizah, Ismi (Unknown)
Masnita, Yolanda (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh perceived trust, attitudes toward influencer, dan perceived behavior control terhadap purchase intention dengan advertising recognition sebagai variabel mediasi yang dianalisis Theory of Planned Behavior (TPB). Sampel penelitian terdiri dari 152 responden yang dipilih menggunakan metode purposive non-random sampling berdasarkan kriteria tertentu. Kuesioner disebarkan melalui beberapa platform media sosial kepada konsumen yang pernah berbelanja online karena dipengaruhi oleh ketertarikan pada influencer. Metode analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan perangkat lunak SPSS dan Amos 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived trust, attitudes toward influencer, dan perceived behavior control memiliki pengaruh yang positif terhadap purchase intention, namun Advertising recognition yang memediasi perceived trust tidak memiliki pengaruh positif terhadap purchase intention. Penelitian ini memberikan kontribusi pada teori dan praktik pemasaran fashion online, serta memberikan referensi bagi marketer dan influencer dalam mengembangkan strategi pemasaran yang efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...