JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Gaya Bahasa Sindiran dan Maknanya dalam Roasting Kiki Saputri di Channel Youtube

Sulistiyawati, Eka (Unknown)
Suaedi, Hasan (Unknown)
Widyaruli, Astri (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2024

Abstract

Gaya bahasa sindiran adalah bentuk ekspresi yang menggunakan kata-kata atau ungkapan yang sebenarnya memiliki makna berbeda atau tersembunyi, seringkali dengan tujuan mengkritik atau menyindir secara halus atau tidak langsung. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan kalimat-kalimat yang terlihat biasa namun memiliki makna yang lebih dalam atau tersirat. Yotube adalah salah satu platform media sosial dengan milyaran pengguna dan konten yang beragam, seperti video pendidikan hingga hiburan, salah satunya adalah Video Roasting Kiki Saputri yang banyak tersedia didalamnya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk gaya bahasa sindiran yang terdapat dalam Roasting Kiki Saputri di Channel Youtube. Sindiran difokuskan kepada dua objek yaitu kepada Pejabat dan Artis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneltian kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik simak dan catat. Berdasarkan hasil penelitian penggunaan gaya bahasa sindiran pada Roasting Kiki Saputri difokuskan pada tiga bentuk yaitu gaya bahasa Ironi, gaya bahasa Sinisme dan gaya bahasa Satire. dari ketiga bentuk tersebut Kiki Saputri menggunakan kalimat sindiran dengan maksud mengejek, memuji, mengkritik dan merendakan seorang pejabat atau artis yang sedang diroasting. Dengan menggunakan gaya bahasa sindiran, pendengar dapat memperhatikan kata-kata yang digunakan dengan lebih teliti karena hal ini dapat memperkuat pesan yang ingin disampaikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...