JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Metode Pendidikan Moral dan Etika Anak Berdasarkan Hadits

Ginting, Ernawati Beru (Unknown)
Hirza, Baihaqi (Unknown)
Affandi, Daffa (Unknown)
Rafly, Muhammad (Unknown)
Siregar, M. Ramadhan (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2024

Abstract

Hadits ialah pedoman dan tuntunan bagi umat Islam dalam melakukan seluruh aktivitasnya, baik masalah ibadah, budi pekerti, etika, moral, dan sosialisasi dalam kehidupan bermasyarakat, dan lain sebagainya. Perkembangan teknologi, budaya, dan sosial memberikan dampak terhadap kemrosotan nilai moral dan etika anak. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan pengaruh hadits dalam mendidik anak-anak mengenai moral dan etika. Metode yang digunakan pada penelitian yaitu analisis kualitatif dengan tinjauan pustaka (library research). Sumber data diperoleh melalui buku dan jurnal yang berkaitan dengan hadits mengenai moral dan etika. Hasil penelititian diperoleh bahwa hadits memiliki pengaruh besar dalam mendidik anak-anak mengenai moral dan etika dikarenakan seorang muslim harus memiliki akhlak yang baik mengikuti akhlak mulia Nabi Muhammad Saw.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...