JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengaruh Psikoedukasi “Gerakan Anti Bullying” terhadap Perilaku Bullying pada Siswa SMP UNISMUH Makassar

Sulastri, Tri (Unknown)
A, Andi Fidela Andina (Unknown)
M, Andi Nailah Mardhiyah (Unknown)
Amalia, Ananda Putri (Unknown)
Ayuningsih, Veronica Widya (Unknown)
Rura, Felixsia Helen (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2024

Abstract

Bullying adalah saat seseorang atau beberapa orang menggunakan kekuasaan mereka untuk menyakiti orang lain, baik dengan kata-kata, tindakan fisik, atau secara emosional. Oleh karena itu sikap anti bullying penting untuk di tanamkan pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan memberikan pengetahuan yang tepat mengenai perilaku bullying kepada para siswa. Dengan pemahaman yang lebih mendalam, diharapkan para siswa dapat berperan sebagai penggerak postif untuk mengatasi masalah bullying di lingkungan sekolah. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest terhadap 30 siswa di SMP Unismuh Makassar dengan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon dikarenakan data tidak terdistribusi normal. Hasil menunjukkan bahwa program psikoedukasi memiliki efek positif terhadap peningkatan gerakan anti bullying pada siswa, didukung oleh nilai Asymps. Sig. (2-tailed) sebesar 0.000. Penelitian ini juga diperkuat oleh penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa gerakan anti-bullying memiliki pengaruh besar terhadap perilaku bullying. Hal ini menegaskan bahwa pendidikan dan upaya membangun gerakan anti-bullying dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi siswa di SMP Unismuh Makassar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...