JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Penyesuaian Mata Pelajaran Bahasa Indonesia terhadap Perubahan Kurikulum Merdeka Belajar

Verawati, Amelia Amanda (Unknown)
Hamidah, Adila Nisa (Unknown)
Faris, Iktarna (Unknown)
Hidayat, Taufiq (Unknown)
Andriyanti, Asih (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2024

Abstract

Kajian dalam penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguraikan apa saja penyesuaian dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia menurut perubahan Kurikulum Merdeka Belajar. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode yang dilakukan berupa studi pustaka atau studi literatur. Pengumpulan data dilakukan dengan mencari dan menkontruksi dari berbagai sumber, termasuk buku, jurnal, dan kajian-kajian yang relevan sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan adanya penyesuaian pada beberapa lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penyesuaian itu didasarkan pada upaya untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan menerapkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila. Aspek keterampilan berbahasa mendapat penambahan 2 keterampilan baru, yaitu keterampilan memirsa, dan keterampilan mempresentasikan. Sementara itu, capaian pembelajaran juga lebih kompleks dan disesuaikan menurut fasenya masing-masing. Mata pelajaran Bahasa Indonesia juga menerapkan pembelajaran berdiferensiasi yang dirancang oleh guru menyesuaikan kebutuhan siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...