Kajian dalam penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguraikan apa saja penyesuaian dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia menurut perubahan Kurikulum Merdeka Belajar. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode yang dilakukan berupa studi pustaka atau studi literatur. Pengumpulan data dilakukan dengan mencari dan menkontruksi dari berbagai sumber, termasuk buku, jurnal, dan kajian-kajian yang relevan sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan adanya penyesuaian pada beberapa lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penyesuaian itu didasarkan pada upaya untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan menerapkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila. Aspek keterampilan berbahasa mendapat penambahan 2 keterampilan baru, yaitu keterampilan memirsa, dan keterampilan mempresentasikan. Sementara itu, capaian pembelajaran juga lebih kompleks dan disesuaikan menurut fasenya masing-masing. Mata pelajaran Bahasa Indonesia juga menerapkan pembelajaran berdiferensiasi yang dirancang oleh guru menyesuaikan kebutuhan siswa.
Copyrights © 2024