JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Penggunaan Sistem Pembayaran Digital Berbasis Qris terhadap Pelaku UMKM

Sitanggang, Andri Sahata (Unknown)
Salsabila, Kyla Ailyn (Unknown)
Qosamah, Shafira (Unknown)
Azhar, Muhammad Faris (Unknown)
Saputro, Nabil Khirom (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2024

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia memiliki peran penting dalam perekonomian nasional. Di era digital seperti sekarang ini, adaptasi terhadap teknologi informasi dan komunikasi menjadi sangat penting untuk keberlangsungan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak penggunaan sistem pembayaran digital QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). Diperkenalkan oleh Bank Indonesia pada tahun 2019, QRIS menyediakan standar yang aman dan efisien untuk transaksi non-tunai, yang diharapkan dapat meningkatkan daya beli konsumen dan memudahkan transaksi baik bagi penjual maupun konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi yang melibatkan pelaku UMKM di Kelurahan Lebakgede, Kota Bandung. Informan penelitian meliputi pemilik dan karyawan dari beberapa UMKM yang telah mengimplementasikan QRIS, serta pelanggan yang menggunakan fitur ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan QRIS dapat meningkatkan efisiensi transaksi dan memberikan kemudahan bagi pelaku usaha dan konsumen. Namun, tantangan seperti perlunya pemahaman teknologi dan infrastruktur yang memadai tetap ada. Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan untuk pengembangan lebih lanjut sistem pembayaran digital di kalangan UMKM dan menjadi referensi untuk penelitian dan pembuatan kebijakan di masa depan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...