JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Problem Based Learning pada Materi Reaksi Kimia Fase E SMA

Putri, Dinda (Unknown)
Aini, Syamsi (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2024

Abstract

Perangkat ajar sebagai penunjang proses pembelajaran di era teknologi saat ini sesuai karakteristik siswa berupa media pembelajaran interaktif. Tujuan penelitian untuk menciptakan, mengetahui perlu atau tidaknya media pembelajaran dan mengetahui tingkat validitas. Jenis analisis ini ialah Research and Development (R & D) dengan model 4-D. Media dikembangkan berdasarkan analisis pendahuluan menggunakan angket. Hasil uji pendahuluan oleh siswa didapatkan bahwa 86,7% peserta didik lebih menyukai teknologi belajar media Smartphone dan 83,3% peserta didik suka pembelajaran diskusi kelompok. Pada analisis guru didapatkan perangkat ajar yang diberikan guru masih 1 level representasi berupa simbolik. Media divalidasi 3 dosen dari FMIPA UNP serta 2 orang guru kimia SMAN 2 Pasaman. Hasil dari validitas diidentifikasi menggunakan rumus Aiken’s V didapatkan rata-rata validasi konten sebesar 0,8973 serta validasi konstruk sebesar 0,91042 berkategori valid. Kesimpulan penelitian ini perlu dikembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Prolem Based Learning materi reaksi kimia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...