JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Cerita Misteri di Surat Kabar Merapi Edisi Juli 2023

Khoerunisa, Arina Alifah (Unknown)
Waningyun, Prissilia Prahesta (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan berbahasa yang terdapat dalam cerita misteri pada edisi Juli 2023 dari surat kabar “Koran Merapi”. Penelitian ini akan mengidentifikasi jenis-jenis kesalahan berbahasa tersebut, dan memberikan saran untuk memperbaiki kualitas bahasa dalam cerita misteri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis konten. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan sampel cerita misteri dari surat kabar “Koran Merapi” edisi Juli 2023. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah teknik simak untuk memperoleh data dengan menyimak penggunaan bahasa dan teknik catat untuk mencatat kata atau kalimat untuk dianalisis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif berupa pengumpulan data, identifikasi data, setelah itu materi diklasifikasi dan diurutkan hingga benar-benar memenuhi tujuan penelitian, yang kemudian disajikan dalam bentuk ringkasan singkat. Hasil analisis mengenai kesalahan bebahasa pada cerita misteri dalam surat kabar Koran Merapi edisi Juli 2023 dapat disimpulkan bahwa terdapat bentuk kesalahan berbahasa pada bidang ejaan, morfologi, sintaksis, dan semantik. Terdapat kesalahan bahasa antara lain: kesalahan ejaan sebanyak 11 kesalahan, kesalahan morfologi sebanyak 5 kesalahan, kesalahan semantik sebanyak 5 kesalahan, dan kesalahan sintaksis sebanyak 3 kesalahan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...