JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Kombinasi Model PBL, Make A Match dan Talking Stick Siswa SD

Siregar, Chotifah Kumala Sari (Unknown)
Susilawaty, Susilawaty (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2024

Abstract

Studi yang dilaksanakan berfokus pada penemuan jawaban atas permasalahan terkait kurangnya perolehan belajar oleh siswa dalam bidang muatan IPA yang dipicu oleh tidak bervariasinya pada proses pembelajaran yang memengaruhi tingkat kejenuhan. Hal yang ingin dicapai pada studi yang dilakukan yaitu agar dapat menjelaskan mengenai aktivitas guru, aktivitas siswa, dan peningkatan hasil belajar menggunakan kombinasi model “Problem Based Learning, Make A Match dan Talking Stick”. Adapun metode yang dipergunakan pada studi yang dilakukan adalah kualitatif, lebih spesifiknya yaitu dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Temuan studi mengindikasikan jika aktivitas guru dalam pertemuan 4 mendapatkan nilai sampai 32 (sangat baik). Aktivitas siwa dalam pertemuan 4 mencapai presentase hingga 100% (sangat aktif) dan hasil belajar siswa pada pertemuan 4 mencapai presentase 93%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Problem Based Learning, Make A Match dan Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...