JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek (PJBL) dalam Meningkatkan Kolaborasi Siswa dalam Proses Pembelajaran Teknik Mesin Bubut

Hendra, Roby (Unknown)
Yelmindra, Yelmindra (Unknown)
Turahyati, Turahyati (Unknown)
Marwa, Marwa (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2024

Abstract

Usaha memenuhi tuntutan era industri yang semakin meningkat, kolaborasi antar peserta didik menjadi faktor kunci dalam peningkatan mutu pendidikan. Dibutuhkan pendekatan inovatif yang tidak hanya memperkaya proses pembelajaran, namun hal ini juga memungkinkan siswa untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan kerjasama siswa dalam pembelajaran teknologi pemesinan bubut melalui Pembelajaran Project Based Learniang (PJBL). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Strategi pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian didapatkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek meningkatkan kerjasama tim siswa kelas XI TP1 SMKN 1 Bangkinang pada mata pelajaran Teknik Pemesinan Bubut. Hal ini ditunjukkan dengan hasil rata-rata persentase kerjasama siswa pada setiap siklusnya meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu dari 71,58% menjadi 78,93%. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi, siswa merasa lebih senang dengan pembelajaran berbasis proyek dan kemampuan bekerja dalam kelompok tampak lebih baik dengan indikasi: siswa lebih aktif, pekerjaan jadi lebih efektif, siswa patuh pada perintah, dan komunikasi lebih jelas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...