Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai persepsi siswa sekolah dasar terhadap projek penguatan profil pelajar Pancasila terintegrasi tenun adat MBD. Partisipan penelitian ini terdiri adalah 15 siswa kelas VI SD Inpres Klis. Teknik analisis data penelitian terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Reduksi data melibatkan observasi langsung pelaksanaan projek Pancasila terintegrasi dengan tenun adat Maluku Barat Daya di sekolah. Wawancara mendalam juga dilakukan dengan siswa kelas VI SD Inpres Klis. Berdasarkan Penelitian di SD Inpres Klis dan hasil analisis tentang persepsi siswa terhadap Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila terintegrasi Kain Tenun Adat maka dapat disimpulkan bahwa siswa kelas V SD Inpres Klis mengalami peningkatan pemahaman, sikap positif terhadap projek tersebut dan dan keterampilan praktis. Siswa terampil memilah sampah, serta mengemasnya menjadi produk Ecobrik. Siswa juga memahami pentingnya menjaga lingkungan dan melestarikan budaya lokal.
Copyrights © 2024