JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Penerapan Model PBL Menggunakan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa V SD Negeri 066666 Medan Denai

Lubis, Nurainun (Unknown)
Nurmairina, Nurmairina (Unknown)
Lestari, Nila (Unknown)
Fridani, Nanda (Unknown)
Sarah, Sutri (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada 16 siswa di Kelas V SD Negeri 066666 Medan Denai selama Semester II Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan PTK, yang terdiri dari tiga siklus: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah rendahnya keterlibatan dan pencapaian pembelajaran siswa menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah (PBL) yang dikombinasikan dengan media pembelajaran interaktif melalui aplikasi Canva. Temuan penelitian mengungkapkan Penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dan media Canva berhasil meningkatkan keterlibatan siswa dan hasil belajar. Data menunjukkan bahwa aktivitas siswa dan hasil tes formatif telah meningkat dari awal sampai siklus III. Keterlibatan siswa meningkat, dan hasil belajar juga menunjukkan perbaikan yang konsisten. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model PBL yang diintegrasikan dengan media interaktif seperti Canva sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan keaktifan mereka, menjadikannya sebagai strategi yang optimal serta bermanfaat untuk pembelajaran yang lebih menarik dan bermakna.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...