JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa pada Penguasaan Surah Al-Mujadalah Ayat 11 dan Artinya Melalui Metode Card Sort

Jusmaniar, Jusmaniar (Unknown)
Auzar, Auzar (Unknown)
Rubiatun, Rubiatun (Unknown)
Tarmizi, Tarmizi (Unknown)
Marwa, Marwa (Unknown)
Awal, Raudhah (Unknown)
Wahyuni, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini dihadapkan dapat mengetahuihasil belajar siswa dengan menggunakan strategi Sortir Kartu pada mata pelajaran Sekolah Ketat Islam (PAI) di KELAS XII IPS SMA Negeri 3 Tambusai. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi dengan pendekatan PTK (Penilaian Tindakan Kelas) dengan metode Card Sort. Dalam pelaksanaan siklus I terjadi peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan tidak ada lagi siswa yang memperoleh nilai pada wilayah 45-59, sedangkan pada wilayah 60-75 terdapat 2 siswa yang memperoleh nilai 10%. , pada wilayah 76-84 terdapat 9 siswa dengan tingkat 45% dan pada wilayah 85-100 terdapat 9 siswa dengan tingkat 45%. Pembelajaran pada siklus ini membuat siswa antusias dan semangat . Hal ini karena penggunaan metode Card Sort. Meski begitu, masih ada 5 mahasiswa yang belum sampai di KKM. Oleh karena itu, pengembangan pembelajaran lebih lanjut untuk Siklus II sangat penting dilakukan. Berdasarkan temuan dan pembahasan yang peneliti lakukan, dapat peneliti simpulkan bahwa memang benar metode card sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada penguasaan surah Al-Mujadalah ayat 11 beserta artinya. Namun dalam melakukan penelitian ini, peneliti terbatas pada waktu penelitian yang sangat singkat sehingga tidak bisa maksimal dalam mengumpulkan dan mengolah data yang ada. Selain itu, penelitian bisa juga untuk mencari minat dan motivasi siswa dalam belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...