JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Komik Pada Materi At-Ta’riifu Bin Nafsi Pada Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Ulusalu Luwu

Dahlan, Rafiqah (Unknown)
Kamal, Helmi (Unknown)
Laswi, Aishiyah Saputri (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, tingkat kevalidan produk dan tingkat kepraktisan produk yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan mengadaptasi model pengembangan 4D yang terdiri atas empat tahapan yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII Madrasah Tsanawiyah Ulusalu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, lembar validasi, angket respon peserta didik, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Hasil dari penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa media pembelajaran komik telah melalui tahapan validasi oleh para ahli dengan hasil sebagai berikut: (1) validasi dari ahli media memperoleh skor sebesar 85,71%; (2) validasi dari ahli materi memperoleh skor sebesar 90%; (3) validasi dari praktisi ahli mencapai skor 100%, dan hasil uji coba praktikalitas, diperoleh skor rata-rata persentase sebesar 92.03%. Berdasarkan hasil validasi dari ketiga validator ahli dan hasil uji coba praktikalitas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan komik sebagai media pembelajaran sangat valid dan praktis untuk diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Arab.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...