JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Pengembangan Media Flashcard Pada Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Meningkatkan Kosa Kata Siswa Kelas V SD Swasta PAB 27 Medan

Lestari, Dinda (Unknown)
Lubis, Wildansyah (Unknown)
Irsan, Irsan (Unknown)
Ambarita, Doddy Felix P (Unknown)
Sirait, Albert P (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2024

Abstract

Pengembangan Media Flashcard memliki tujuan untuk mengetahui bagaimana kelayakan, kepraktisan, keefektivan, dari produk yang tekah diiciptakan yaitu media Flashcard pada pembelajaran Bahasa Inggris. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Delopment (RnD) dengan model pengembangan ADDIE ( Analyse, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah ahli materi, ahli media guru dan siswa kelas V SD Swasta PAB 27 Medan dengan jumlah 28 orang siswa, yang terdiri dari 12 laki-laki dan 16 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Adapun hasil penilaian dari produk yang telah dikembangkan dengan kelayakan materi sebesar 82% dan kelayakan dari media sebesar 88% dengan katergori “Sangat Layak”. Pratikalitas yang diuji bersama dengan wali kelas V mendapat presentasi kepraktisan sebesar 95%. Pada keefektivan produk yang diciptakan sebesar 92% keduanya dengan kategori “Sangat Layak”. Dari hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan produk Flashcard yang telah dikembangkan sangat layak, sangat praktis, dan sangat efektif untuk diberikan kepada peserta didik khususnya pada pembelajaran Bahasa Inggris

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...