Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan metode deskritif analisis yang datanya diperoleh melalui penelitian literer. Penelitian literer sumber datanya adalah materi Kompetensi Dasar Al-Qur’an Hadis Madrasah Aliyah pada Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor: 2676 Tahun 2013 Tentang Kurikulum 2013, serta buku-buku yang berkaitan dengan pendidikan. Di samping itu pendekatan yang digunakan adalah pendekatan silang (cross-sectional). Untuk mengolah data penulis menggunakan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan diambil dari analisis data berupa temuan karakteristik nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pendidikan Islam yang dilakukan secara sistematis dan obyektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam materi Kompetensi Dasar Al-Qur’an Hadis Madrasah Aliyah pada Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor: 2676 Tahun 2013 Tentang Kurikulum 2013, terkandung nilai-nilai pendidikan multikultural, yaitu Nilai Demokrasi, Nilai Humanisme atau Kemanusiaan (humanisme), Nilai Pluralisme, Nilai Keadilan (al-‘Adalah), Nilai Kesamaan (as-Sawiyah), Nilai Kebebasan atau kemerdekaan (al-Hurriyah), Nilai Toleransi (Tasaamuh), Nilai Silaturrahim.
Copyrights © 2024