cover
Contact Name
Fuad Zaini
Contact Email
fuadzaini06@gmail.com
Phone
+6282360501584
Journal Mail Official
fuadzaini06@gmail.com
Editorial Address
Jl. Seser Komplek Citra Mulia Residence Blok D. 14 Medan – 20229
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
ALACRITY : Journal Of Education
ISSN : -     EISSN : 27754138     DOI : https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i3
Core Subject : Education,
ALACRITY : Journal Of Education is an interdisciplinary publication of original research and writings on education that publishes articles in journal form to an international audience of educational researchers. This journal aims to provide a forum for scientific understanding of the fields of education, social and management and play an important role in promoting the accumulation of knowledge, values, and skills that are transmitted from one generation to another; and to make the methods and content of evaluation and research in education available to teachers, administrators, students, faculty and research workers. This journal covers a wide range of topics,Learning, including, social, curriculum, management science, educational philosophy and educational approaches.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 97 Documents
Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik Dan Kependidikan Di SMAN 1 Padang Bolak Annisa Addina Pohan
ALACRITY : Journal of Education Volume 1 Issue 1 Februari 2021
Publisher : LPPPI Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (183.648 KB)

Abstract

Pentingnya pengembangan sumber daya manusia di lembaga pendidikan adalah untuk meningkatkan kualitas sehingga berdampak pada mutu lembaga pendidikan.Tujuan Penelitian 1. Mendeskripsikan kompetensi manajerial kepala sekolah dalam pengembangan tenaga pendidik dan kependidikan untuk meningkatkan mutu di SMAN 1 Padang Bolak, 2. Mendeskripsikan metode pengembangan tenaga pendidik dan kependidikan untuk meningkatkan mutu di SMAN 1 Padang Bolak, 3. Mendeskripsikan faktor pengembangan pendidik dan kependidikan untuk meningkatkan mutu di SMAN 1 Padang Bolak.Penelitian ini termasuk kedalam kategori penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi Teknik analisi data terdiri dari data collection, data reduction, data display dan data verifikastion.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1. Kompetensi manajerial kepala sekolah dalam pengembangan pendidik dan kependidikan untuk meningkatkan mutu di SMAN 1 Padang Bolak dilakukan dengan beberapa langkah antara lain, menyusun program, penentuan kebutuhan, penentuan sasaran, penetapan program, pelaksanaan program dan penilaian pelaksanaan program. 2. Metode pengembangan sumber daya manusia pendidik dan tenaga kependidikan di SMAN 1 Padang Bolak dengan on the job training terdiri dari rotasi jabatan, pelatihan, bimbingan dan training sedangkan off the job training terdiri dari study lanjut, workshop, MGMP, study banding. 3. Faktor pengembangan pendidik dan kependidikan di SMAN 1 Padang Bolak untuk meningkatkan mutu yaitu komitmen, profesional pendidik dan kependidikan, kemampuan mengajar pendidik, komunikasi dengan masyarakat, kedisiplinan, tingkat kesejahteraan.
Implementasi Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Al-Hidayah Medan Tembung Muhammad Yusuf Siregar
ALACRITY : Journal of Education Volume 1 Issue 1 Februari 2021
Publisher : LPPPI Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (167.955 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Standar Kompetensi Lulusan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Al-Hidayah Medan Tembung. Riset ini berusaha untuk menjelaskan tentang Kompetensi Lulusan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Al-Hidayah Medan Tembung, yang mencakup kompetensi kognitif, afektif dan psikomotorik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik studi dokumentasi untuk memperoleh data yang valid tentang kompetensi afektif, kognitif, dan psikomotorik peserta didik. Riset ini dilakukan di SMA Al-Hidayah yang lokasinya berada di Jln. Letda Sudjono Kecamatan Medan Tembung Kabupaten Deli Serdang. Adapun hasil penelitian diketahui bahwa (1) Analisis penilaian kognitif yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam terhadap peserta didik meliputi penilaian perorangan melalui tugas, ulangan harian, ujian tengah semester, ujian akhir semester, dan ujian kenaikan kelas. (2) Kompetensi afektif peserta didik selama di kelas didapatkan bahwa peserta didik mampu mencapai pada tiga tingkatan afektif terendah, yaitu tingkatan: receiving dinilai baik, responding dinilai kurang dan valuing dinilai kurang baik, dan (3) Penilaian psikomotorik yang dilakukan oleh guru Pendidik Agama Islam biasanya dilakukan pada saat ujian praktek yang penilaian psikomotorik mencakup tilawah, hafalah surat, dan praktik ibadah.
Standar Sarana Dan Prasarana Di Madrasah Di MAS Al-Washliyah Kp. Mesjid Ria Sartika
ALACRITY : Journal of Education Volume 1 Issue 1 Februari 2021
Publisher : LPPPI Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.46 KB)

Abstract

Manajemen sarana dan prasarana merupakan kegiatan pengelolaan sarana dan prasarana yang dilakukan oleh sekolah dalam upaya menunjang seluruh kegiatan, baik kegiatan pembelajaran maupun kegiatan lain sehingga seluruh kegiatan berjalan dengan lancar. Dengan tujuan penggunaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana secara efektif dan efisien dan selalu dalam kondisi siap pakai saat diperlukan oleh semua personel sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian mengenai: (1) perencanaan sarana dan prasarana; (2) pengadaan sarana dan prasarana; (3) pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan di MAS Al-Washliyah Kp. Mesjid merupakan penelitian deskriptif dengan metode penelitian pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah Kepala Madrasah,Waka Sarpras dan sraf TU. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, studi dokumen. Uji keabsahan data dengan trianggulasi metode dan trianggulasi sumber. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data yang sudah dilakukan, diperoleh hasil penelitian menunjukan sebagai berikut: yang pertama, Perencanaan sarana dan prasarana di MAS Al-Washliyah Kampung Mesjid tidak selalu melihat kebutuhan yang ada, pelaksanaan perencanaan kebutuhan disertai seleksi oleh Kepala Madrasah. Yang kedua tahap pengadaan, dalam tahap ini Mas Al-Washliyah Kampung Mesjid selalu menyesuaikan dengan rencana yang disusun. Sesuai dengan ketentuan dalam perencanaan tersebut, Yang ketiga tahap pemeliharaan sarana dan prasarana di MAS Al Washliyah Kampung Mesjid melakukan pengecekan terhadap sarana dan prasarana yang ada, untuk melihat kondisi dan keadaan sarana dan prasarana yang dirasa perlu diperbaiki. bekerjasama dengan tenaga ahli bidangnya.
Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Di SDN 135564 Kota Tanjungbalai M. Rafiquddin Nasution
ALACRITY : Journal of Education Volume 1 Issue 1 Februari 2021
Publisher : LPPPI Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (161.993 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kepemimpinan Kepala Sekolah SDN 135564 Kota Tanjungbalai; 2) Peran Kepala Sekolah dalam meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan di SDN 135564 Kota Tanjungbalai. Penelitian ini dilaksanakan pada januari 2021 di SDN 135564 Kota Tanjungbalai. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah SDN 135564 Kota Tanjungbalai. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan uji kredibiltas dengan trianggulasi yang terdiri dari trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Kepemimpinan Kepala Sekolah SDN 135564 Kota Tanjungbalai adalah beliau sebagai seorang yang karismatis yaitu memiliki daya tarik, beliau sebagai seorang yang populistis yaitu sosok yang mampu membangun solidaritas, beliau sebagai seorang yang administratif yaitu sosok yang mampu menjalankan tugas-tugas administratif secara efektif, dan beliau juga sebagai seorang yang demokratis yaitu beliau sosok yang mau bekerja sama dan mau menghargai potensi orang lain dengan mau mendengarkan masukan pendapat dari oranglain. 2) peran kepala sekolah dalam meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan di SDN 135564 Kota Tanjungbalai yaitu kepala sekolah berperan sebagai manajer; sebagai administrator; dan sebagai pemimpin. Sebagai manajer kepala sekolah berperan sebagai perencana (keterampilan melakukan perencanaan, pengelola sumber daya) dan sebagai penggerak (keterampilan melaksanakan kegiatan), sebagai administrator kepala sekolah melakukan kegiatan menyusun laporan APBS, menyimpan arsip, dimulai dari perencanaan, pengadaan, pengaturan, penggunaan dan penghapusan, dan sebagai pemimpin kepala sekolah bertanggungjawab atas semua pelaporan yang dibuat; dan sebagai motivator kepala sekolah hadir sebagai orang yang menyenangkan dan selalu memberi penghargaan atas setiap capaian prestasi para seluruh elemen sekolah sehingga mampu memberikan motivasi kepada seluruh elemen sekolah dalam setiap kegiatan yang berlangsung di SDN 135564 Kota Tanjungbalai.
Analisis Pengelolaan Dana Bos Di SMP Nurul Azizi Medan Rudi Rudi
ALACRITY : Journal of Education Volume 1 Issue 1 Februari 2021
Publisher : LPPPI Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (169.428 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Menggambarkan Bagaimana relevansi pengelolaan Dana BOS terhadap proses belajar mengajar di SMP Nurul Azizi Medan 2) Bagaimana pengelolaan dana BOS di di SMP Nurul Azizi Medan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yakni pendekatan deskriptif dan teknik yang digunakan adalah observasi dan wawancara, subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dari Milles dan Hubermen analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi, penyajian dan simpulan. Tehnik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan uji kredibilitas data, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Relevansi pengelolaan dana bos terhadap proses belajar mengajar sangatlah relevan dan besar pengaruhnya, karena dana bos yang di terima ditujukan untuk pengadaan sarana dan prasarana dalam melangsungkan proses belajar mengajar di SMP Nurul Azizi Medan 2) pengelolan dana bos di SMP Nurul Azizi Medan ini alhamdulillah baik yaitu masih berjalan sesuai dengan koridor atau ketetapan yang telah ditentukan dalam juknis dana bos.
Standar Proses Dalam Manajemen Kelas Di SMA It Al Fityan School Aceh Suharian Amiril Akbar
ALACRITY : Journal of Education Volume 1 Issue 1 Februari 2021
Publisher : LPPPI Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.506 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan secara tepat sifat-sifat suatu individu, gejala atau keadaan tertentu dalam masyarakat sekolah. Participant dipilih satu orang yaitu guru wali kelas XI SMA IT Al Fityan School Aceh karena beliaulah aktor dibalik manajemen kelas ini. Metode yang digunakan dengan prosedur wawancara. Wawancara individu dilakukan dengan bercerita santai dilakukan di rumah participant dengan cara merekam audio selama percakapan. Data yang diperoleh dari hasil wawancara dianalisis secara tematik. Triangulasi menggunakan transkrip, sumber data, pengumpulan data informasi, dan catatan lapangan. Penelitian ini menemukan bahwa kegiatan manajemen kelas di SMA IT Al Fityan meliputi dua kegiatan yang secara garis besar terdiri dari; Pertama, Pengaturan Orang (Siswa), dan Kedua, Pengaturan Fasilitas. Kemudian, agar kegiatan manajemen kelas bisa berjalan dengan baik, maka manajemen kelas perlu dilakukan secara berkesinambungan sehingga bisa memenuhi standar proses, yang meliputi perencanaan manajemen kelas, pelaksanaan manajemen kelas, dan pengawasan manajemen kelas.
Pembiayaan Pendidikan Di SDN UPT XXI Lae Simolap Kota Subulussalam Aceh Wensi Anggaisa
ALACRITY : Journal of Education Volume 1 Issue 1 Februari 2021
Publisher : LPPPI Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (159.307 KB)

Abstract

Penelitian Ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembiayaan pendidikan dan hambatan dalam pembiayaan pendidikan pendidikan di SDN UPT XXI Lae Simolap Kota Subulussalam Tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah dan bendahara sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan sumber. Data dianalisis secara kualitatif dengan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Pembiayaan pendidikan di SDN UPT XXI Lae Simolap Tahun Ajaran 2020/2021 berasal dari BOS Pusat/ BOS Reguler, BOS Provinsi/ BOSDA, dan BOS Kota dengan jumlah sebesar Rp.72.000.000 yang pengalokasiannya digunakan untuk memenuhi Standar Nasional Pendidikan, diantaranya Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan Pendidikan, danStandar Penilaian Pendidikan, kecuali Standar Pendidik dan TenagaKependidikan. Namun pada kenyataannya, terdapat ketidaksesuaian antarapembiayaan yang tertuang dalam RKAS dengan hasil pelaksanaannya. 2) Hambatan dalam pembiayaan pendidikan di SDN UPT XXI Lae Simolap Kota Subulussalam yaitu terbatasnyadana yang diterima dari pemerintah, sekolah tidak dapat melakukan pungutanterhadap orang tua siswa, serta sedikitnya jumlah siswa.
Penerapan Standart Nilai Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Aliyah Swasta PM Saifullah An-Nahdliyah Ahmadsyah Ahmadsyah
ALACRITY : Journal of Education Volume 1 Issue 1 Februari 2021
Publisher : LPPPI Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.159 KB)

Abstract

Pengembangan kurikulum dilakukan dengan memperhatikan perencanaan/desain program pembelajaran, penerapan kurikulum Pendidikan Agama Islam, penilaian hasil belajar dan pengetahuan lain yang kompeten dengan profesi peneliti sebagai pendidik. Fokus penelitian ini dapat peneliti tentukan sebagai berikut: Pertama. Bagaimana Standart Nilai dalam perencanaan kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Swasta PM Modern Saifullah An-Nahdliyah desa Batu Gemuk? Kedua. Bagaimana Standart Nilai dalam proses penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Swasta PM Modern Saifullah An-Nahdliyah desa Batu Gemuk? Ketiga. Bagaimana penilaian kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Swasta PM Modern Saifullah An-Nahdliyah desa Batu Gemuk? Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif. Tujuannya adalah untuk memahami keadaan atau fenomena yang terjadi dilokasi penelitian dengan cara mendeskripsikan dalam bentuk kata-kata atau bahasa dengan memanfaatkan berbagai metode karya ilmiah. Dan dari penelitian kualitatif ini penulis mendapatkan beberapa informasi berupa Perencanaan dilakukan oleh guru dengan menyiapkan perangkat pembelajaran yang mengacu pada Depag yang tentu saja isinya tetap mengacu pada rambu-rambu dan tujuan kurikulum yang berlaku Proses pembelajaran terdiri dari tiga kegiatan, yaitu : kegiatan awal, inti dan akhir. Penialian dilakukan dengan menggunakan teknik tes dan non tes. Tes yang berupa 1) (pre-test) tesawal, tesinimerupakantes yang diberikan sebelum pengajaran dimulai.
Tafsir Ayat-Ayat Konsep Dasar Manajemen Pendidikan Sehat Harahap, Lia Ariska Ritonga, Rahmat Hidayat
ALACRITY : Journal of Education Volume 1 Issue 1 Februari 2021
Publisher : LPPPI Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (267.075 KB)

Abstract

This literature study was conducted to find out: how the basic concept of education management according to the al-quran, which is interpreted by the maudhlu'i method of interpretation. In this research, the research method used is a qualitative research method with a library study approach (library research) and is sourced from various reading books, articles, interpretations and national journals and international journals. The results of this study indicate several verses of the al-quran which explain the basic concepts of education management after using the maudhlu'i interpretation method.
Ayat-Ayat Al-Qur’an Tentang Motivasi Kerja Dalam Islam Isra Adawiyah Siregar, Mukthi Halwi
ALACRITY : Journal of Education Volume 1 Issue 1 Februari 2021
Publisher : LPPPI Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.814 KB)

Abstract

This paper explains work motivation in Islam from the perspective of the verses of the Koran. Interpretation of Al-Qur'an verses related to work motivation in Islam and suggest a correlation between Al-Qur'an verses and work motivation theory. Motivation is a power or desire that comes from the human conscience to do a certain action. Meanwhile, work motivation in Islam is to earn a living which is part of worship, which is of course not only for pursuing a hedonistic life, not also for status, let alone pursuing wealth by all means. Thus, work motivation in Islam is not only fulfilling a living but as an obligation to worship Allah after other fardhu worship. Because, the glory of a man depends on what he does. With that, a practice or work that brings someone closer to Allah is very important and deserves attention. Practices or jobs like this apart from obtaining the blessings and pleasures of the world, there is also something more important, which is a way or ticket in determining the stage of one's life in the hereafter, whether it is in the heavenly expert class or vice versa. Through this article, the author tries to provide an explanation and express the verses related to work motivation in Islam.

Page 1 of 10 | Total Record : 97