At Tasyri'i Jurnal Prodi Perbankan Syariah
Vol. 6 No. 1 (2023): Jurnal At Tasyr'i : Januari-Juni 2023

PENGARUH PEMAHAMAN MASYARAKAT TERHADAP MINAT BERTRANSAKSI SIMPAN PINJAM DI BAITUL MAL WATTAMWIL (BMT) TALAMAU TALU (Studi Kasus Jorong Tabek Sirah)

Mailani, Siska (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2023

Abstract

Latar belakang pada penelitian ini di Baitul Mal Wattamwil Talamau Talu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah variabel pemahaman masyarakat berpengaruh terhadap minat bertransaksi simpan pinjam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, data diperoleh melalui wawancara, penyebaran kuensioner, observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui kuensioner menggunakan penelitian lapangan dengan jumlah responden sebanyak 50 respnden.populasi dalam penelitian ini yaitu nasabah Baitul Mal Wattamwil ( BMT ) Talamau Talu. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa pemahaman masyarakat berpengaruh positif terhadap minat bertransaksi simpan pinjam. Hal ini terbukti bahwa dari besar koefesien determinasi 0,379 menunjukkan kontribusi pemahaman masyarakat terhadap minat bertransaksi simpan pinjam. Dengan menggunakan taraf signifikan 5% diperoleh nilai Fhitung sebesar 8.069 dengan signifikan sebesar 0,007 makan HO di tolak dan Ha diterima. Jadi pemahaman nasabah berpengaruh positif terhadap minat bertransaksi simpan pinjam.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

attasyrii

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal At TAsyrii adalah jurnal program studi Perbankan Syariah STAI YAPTIP Pasaman Barat yang mengkaji tentang ekonomi, Ekonomi ISlam dan Perbankan syariah, terbit dua kali dalam setahun (Januari Juni dan Juli Desember) yang dikelola oleh Program Studi Perbankan syariah STAI YAPTIP Pasaman ...