cover
Contact Name
Iswandi
Contact Email
wandii291@gmail.com
Phone
+6281363828971
Journal Mail Official
wandii291@gmail.com
Editorial Address
Jl. Bundo Kanduang No. 142 Simpang Empat Pasaman Barat
Location
Kab. pasaman barat,
Sumatera barat
INDONESIA
At Tasyri'i Jurnal Prodi Perbankan Syariah
ISSN : 26153432     EISSN : 27150011     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal At TAsyrii adalah jurnal program studi Perbankan Syariah STAI YAPTIP Pasaman Barat yang mengkaji tentang ekonomi, Ekonomi ISlam dan Perbankan syariah, terbit dua kali dalam setahun (Januari Juni dan Juli Desember) yang dikelola oleh Program Studi Perbankan syariah STAI YAPTIP Pasaman Barat
Articles 41 Documents
IMPLEMENTASI AKAD PEMBIAYAAN MUḌᾹRABAH DI BMT ANNAWAWI CABANG PITURUH PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH Chaeirudin, Dina Hady Chaeirudin; Muhajir
At Tasyri'i : Jurnal Program Studi Perbankan Syariah Vol. 4 No. 1 (2021): Jurnal At Tasyri'i Januari-Juni 2021
Publisher : STAI YAPTIP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Implementasi akad pembiayaanmuḍārabah di BMT An-Nawawi Cabang Pituruh. Dalam praktiknya yang terjadidi BMT, bahwa terdapat perbedaan dengan hukum Islam dan fatwa DSN-MUIdari segi nisbah keuntunganya. Sehingga penulis berusaha mengungkap haltersebut dengan rumusan masalah apakah implementasi akad pembiayaanmuḍārabah di BMT An-Nawawi Cabang Pituruh sudah sesuai dengan hukumIslam. Sedangkan metode yang digunakan penulis yaitu dengan jenis penelitianlapangan (field research) dan sifat penelitiannya deskriptif analitik, adapunpengumpulan datanya yaitu dengan wawancara, observasi serta dokumentasikemudian dilakukan analisis secara metode analisis kualitatif yang menghasilkandata deskriptif sehingga menjadikan kesimpulan yang baik. Dalam penelitian inipenulis dapat menghasilkan analisis bahwa pelaksanaan akad pembiayaanmuḍārabah yang dilakukan di BMT An-Nawawi Cabang Pituruh objek akadnyaadalah uang. Pihak BMT An-Nawawi mengamanahkan anggotanya untukdiberikan tambahan modal usaha, sebagai keperluan kerja selama waktu yangtelah ditentukan oleh kesepakatan kedua belah pihak. Bagian hasil keuntungandari akad muḍārabah menurut hukum Islam dan Fatwa DSN-MUI dijelaskanbahwa jumlah bagi hasil diambil dari jumlah hasil keuntungan usaha bukandiambil dari jumlah pinjaman modal. Hal ini berbeda dengan yang dilakukan olehpihak BMT An-Nawawi kepada anggotanya. Bahwa, pihak BMT menawarkan 2%sampai 2,5% diambil dari jumlah pinjaman modal bukan diambil dari jumlahkeuntungan usaha. Adapun cara pembayaranya dengan waktu yang telahdisepakati bersama dapat melalui angsuran. Dalam hal ini dari segi nisbahkeuntunganya belum sah, belum sesuai dengan hukum Islam dan Fatwa DSNMUI.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA BAGI PENGGUNA PRODUK WĀDI’AH DI BMT BINAMAS CABANG GEBANG PURWOREJO Waluyo Sudarmaji
At Tasyri'i : Jurnal Program Studi Perbankan Syariah Vol. 4 No. 1 (2021): Jurnal At Tasyri'i Januari-Juni 2021
Publisher : STAI YAPTIP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitaspelayanan terhadap kepuasan anggota bagi pengguna produk wadi’ah di BMTBinamas Cabang Gebang Purworejo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruhanggota bagi pengguna produk wadi’ah di bmt binamas cabang gebang purworejo.Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dengan jumlah sempelsebanyak 75 responden, dengan pendekatan penelitian lapangan yang bersifatdeskriptif kuantitatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakananalisis regresi linier sederhana yang pengelolahannya menggunakan programSPSS 17. Dari hasil pengujian statistik terhadap 75 responden pada BMT binamascabang gebang purworejo. Hasil dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruhsignifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan anggota bagi penggunaproduk wadi’ah di BMT Binamas Cabang Gebang Purworejo, nilai t hitung 9,180> t tabel 1,998. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan anggota bagipengguna produk wadi’ah di BMT Binamas Cabang Gebang Purworejo sebesar53,6 %.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan anggota bagi pengguna produk wadi’ah di BMT Binamas Cabang Gebang Purworejo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota bagi pengguna produk w Ma'rifatul Mahbubah; Fathudin
At Tasyri'i : Jurnal Program Studi Perbankan Syariah Vol. 4 No. 1 (2021): Jurnal At Tasyri'i Januari-Juni 2021
Publisher : STAI YAPTIP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu hal penting yang dapat dilakukan dalam menciptakan keunggulan bersaing dalam meraih potensi pasar di lembaga keuangan adalah menjaga keharmonisan dengan pelanggan, yaitu dengan cara mengutamakan kekuatan ikatan emosional (emotional bonding) dan meningkatkan kualitas hubungan (relationship quality) dengan pelanggan sehingga akan terwujud loyalitas pelanggan. Dalam penulisan ini, Ikatan emosional (emotional bonding) diukur melalui persepsi nilai dan kepuasan, sedangkan kualitas hubungan (relationship quality) diukur melalui komunikasi dan kepercayaan untuk mengetahui seberapa pengaruh loyalitas anggota simpanan di BMT BIMA KCP Borobudur. Dengan empat variabel bebas yaitu persepsi nilai, kepuasan, komunikasi, dan kepercayaan dan satu variabel terikat yaitu loyalitas anggota. Penulisan ini menggunakan tekhnik accidental sampling dan sampel yang digunakan berjumlah 80 responden yang terdiri dari anggota simpanan di BMT BIMA KCP Borobudur. Tekhnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda, disertai dengan uji asumsi klasik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial (Uji t) pengaruh yang signifikan dijelaskan oleh tiga variabel berupa persepsi nilai (t.4,968), kepuasan (t.3,947), dan komunikasi (t.5,040), sedangkan variabel kepercayaan (t.-0,525) tidak membuktikan adanya pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas anggota simpanan di BMT BIMA KCP Borobudur dengan sig. di atas 0,005 dan t hitung lebih kecil t tabel. Sesuai hasil Uji F (simultan) keempat variabel tersebut berpengaruh terhadap loyalitas anggota, dengan nilai koefisien determinasi (Adjusted R2sebesar 0,784, yang berarti bahwa peningkatan loyalitas anggota dijelaskan oleh variabel persepsi nilai, kepuasan, komunikasi, dan kepercayaan sebesar 78,4%.
PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN MITRA DALAM MEMILIH PEMBIAYAAN MUḌĀRABAH DI BMT ANNAWAWI BERJAN PURWOREJO Hari Widiyanto
At Tasyri'i : Jurnal Program Studi Perbankan Syariah Vol. 4 No. 1 (2021): Jurnal At Tasyri'i Januari-Juni 2021
Publisher : STAI YAPTIP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh marketing mix (produk, harga, tempat, promosi, orang, proses dan bukti fisik) terhadap keputusan mitra dalam memilih pembiayaan muḍārabah di BMT AnNawawi Berjan Purworejo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mitra pengguna produk pembiayaan muḍārabah di BMT An-Nawawi Berjan Purworejo. Sampel yang di gunakan sebanyak 59 responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS versi17.0, dengan pendekatan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan (bersama-sama) variabel bebas/independen (marketing mix) berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat/dependen (keputusan mitra dalam memilih pembiayaan muḍārabah di BMT An-Nawawi Berjan Purworejo). Sedangkan secara parsial, variabel orang berpengaruh signifikan terhadap keputusan mitra dalam memilih pembiayaan muḍārabah di BMT An-Nawawi Berjan Purworejo dengan nilai probabilitas sebesar 0,019. Sementara untuk variabel produk, harga, tempat,promosi, proses dan bukti fisik secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan mitra dalam memilih pembiayaan muḍārabah di BMT An-Nawawi Berjan Purworejo dengan nilai probabilitas masing-masing sebesar 0,726, 0,245, 0,316, 0,645, 0,130 dan 0,989. Sedangkan nilai R2 sebesar 0,346 yang menunjukkan bahwa keputusan mitra dalam memilih pembiayaan muḍārabah di BMT An-Nawawi Berjan Purworejo dapat di jelaskan oleh variabel penelitian sebesar 34,6%, sedangkan sisanya di jelaskan oleh variabel lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini.
WAKAF WASIAT POLIS (STUDI KOMPARASI IMAM ABU HANIFAH DAN IMAM SYAFI’I) Dwi Aisah Saraswati; Miftahur Rahman
At Tasyri'i : Jurnal Program Studi Perbankan Syariah Vol. 4 No. 1 (2021): Jurnal At Tasyri'i Januari-Juni 2021
Publisher : STAI YAPTIP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Wakaf adalah sedekah jariyah yang amalannya terus bersambung manfaatnya, dan dinyatakan sah apabila telah memenuhi syarat dan rukunnya seperti: wakif, mauqufbih,mauquf‟alaih dan sighat. Pendapat Imam Abu Hanifah tentang wakaf wasiat polis yang berupa uang pertanggungan diperbolehkan dengan menginvestasikan dalam bentuk mudharabah dan wakaf benda bergerak diperbolehkan asalkan sudah menjadi kebiasaan („urf), berbeda dengan pendapat Imam Syafi‟I,wakaf wasiat polis adalah wakaf tidak boleh digantungkan (ta‟liq) dan wakaf seperti dinar dan dirham (uang) akan lenyap dengan dibelanjakan dan sulit untuk mengekalkan dzatnya, maka tidak diperbolehkan. Dan sesuai dengan implementasi dari antara dua pendapat Imam Abu Hanifah dan Imam Syafi‟I sesuai dengan praktik yang ada menggunakan pendekatan tarjih Al-Jam‟u wat taufiq (kompromi), maka dapat di ambil jalan tengah dengan memandang maslah di masyarakat saat ini, maka lebih condong mengikuti pendapat Imam Abu Hanifah. Karena wakaf uang sesuai apabila di implemantasikan di Indonesia,melihat sekarang banyak lahan yang digunkan untuk membuat bangunan gedung, maka lebih sesuai menggunakan wakaf uang.
HUKUM EKONOMI ISLAM DALAM AKAD MUZARA’AH DAN MUKHABARAH Leli, Maisarah
At Tasyri'i : Jurnal Program Studi Perbankan Syariah Vol. 4 No. 1 (2021): Jurnal At Tasyri'i Januari-Juni 2021
Publisher : STAI YAPTIP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Islam sebagai agama yang mengedepankan prinsip rahmat al- ‘alamin, senantiasa menginginkan kemaslahatan bagi manusia terlebih dalam muamalah, diantaranya melakukan akad Muzara’ah dan Mukhabarah. Muzara’ah (kerjasama) memiliki peran penting dalam pemberdayaan ekonomi, dan mengandung hikmah atau manfaat yang besar dan mulia, tidak hanya bagi pemilik lahan dan petani penggarap, akan tetapi juga bagi masyarakat sekitar secara keseluruhan. Oleh karena itu, perlu dilakukan kajian, Bagaimana akad kerjasama dalam bentuk akad muzara’ah dan mukhabarah dalam prespektif ekonomi Islam.
UANG, HARGA DAN BUNGA UANG Rahmat, Fawza
At Tasyri'i : Jurnal Program Studi Perbankan Syariah Vol. 4 No. 1 (2021): Jurnal At Tasyri'i Januari-Juni 2021
Publisher : STAI YAPTIP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berbicara mengenai uang, islam pada saat zaman nabi dan sebelum islam pun sudah mengenal mata uang dan islampun mulai mencetak mata uang sendiri pada masa khalifah Umar bin Khatab. Uang dinar dan dirham yang menjadi ciri umat islam saat itu, mulai berangsur hilang di pasaran ketika dinasti Ayubbiyah berkuasa. Dinar dan dirham di gantikan dengan ufulus atau uang kertas. Pada saat itu terjadilah kenaikan harga yang tinggi. Keadaan ini oleh lmaqrizi disebut juga dengan inflasi. Karena harga-harga barang terus nasik akibat nila mata uang yang terus menurun menyebabkan permintaan terhadap barang-barang menurun pula.Ketiga keadaan itu telah membawa umat islam pada krisi global yang menghancurkan system perekonomian yang sudah dibangun sebelumnya. Utuk itu, berikut akan dipaparkan hubungan antara uang, dan harga dalam tataran ekonomi makro baik islam maupun konvensional.
ETOS KERJA MENURUT HASBI ASH SHIDDIQY DAN A.HASSAN Eriawati, Yossi; Syofrianisda
At Tasyri'i : Jurnal Program Studi Perbankan Syariah Vol. 4 No. 1 (2021): Jurnal At Tasyri'i Januari-Juni 2021
Publisher : STAI YAPTIP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tulisan sederhana ini mendeskripsikan tentang pemikiran dari seorang Hasbi Ash Shiddiqy dan A.Hassan tentang etos kerja. Pembahasan ini bersifat telaah deskriptif analitif dengan fokus pada karyanya,terutama pada karya tafsirnya Tafsir Annur dan Tafsir al-furqan. Tulisan ini menganalisa tentang ayat-ayat etos kerja dalam al-Qur’an serta bagaimana memahami ayat-ayat etos kerja dalam tafsirnya dengan metode komparatif. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa Hasan dan Hasbi dalam memahami ayat-ayat etos kerja tidak jauh berbeda. Hassan dan Hasbi memaknai etos kerja merupakan semangat kerja keras yang didasari niat ibadah sebagai bekal amal di akhirat.
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN MOBILE BANKING DAN KUALITAS PRODUK TABUNGAN IB HIJRAH RENCANA TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK MUAMALAT KANTOR CABANG PEMBANTU TANJUNG PANDAN Bahar, Aldi; Mukaromah, Hajar
At Tasyri'i : Jurnal Program Studi Perbankan Syariah Vol. 4 No. 2 (2021): Jurnal At Tasyri'i Juli Desember 2021
Publisher : STAI YAPTIP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study discusses the quality of service in the form of applications and one of the products owned by Bank Muamalat towards customer loyalty. Seeing the phenomenon where many customers consider quality in any way to entrust their finances to a Sharia Bank. This study aims to find out about some of the service qualities that a Sharia bank has. This research is a field research conducted directly on financial institutions, this type of research is descriptive quantitative. Sources of data used in this study came from two sources, namely primary data sources and secondary data which took from primary sources, namely questionnaires and additional sources such as accurate information. The population of this research is 3,500 people whose sample is 5% according to Yount theory. Meanwhile, for sampling using the Non Probability Sampling technique, which is a sampling technique that does not provide equal opportunities or opportunities for each element or member of the population to be selected as samples. The data analysis techniques included the validity test, reliability test, normality test, multicollinearity test, heteroscedasticity test, autocorrelation test, t test, F test, and R2 test. The results of this study indicate that the variables of Mobile Banking and Product Quality simultaneously affect customer loyalty at Bank Muamalat KCP Tanjung Pandan
Analisis Faktor-Faktor Penentu Nasabah Dalam Memilih Jasa Perbankan Syariah Di PT. Bprs Ampek Angkek Candung Cabang Pasaman Barat Eriawati, Yossi; Tasya Andria Nella; syofrianisda, Syofrianisda
At Tasyri'i : Jurnal Program Studi Perbankan Syariah Vol. 4 No. 2 (2021): Jurnal At Tasyri'i Juli Desember 2021
Publisher : STAI YAPTIP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latar belakang pada penelitian ini di PT Bank Pembiayaan Rakyat SyariahCabang Pasaman Barat. Pada sebuah Faktor penentu nasabah yaitu faktor penentunasabah merupakan proses pengambilan keputusan pembelian nasabah dipengaruhioleh faktor sumber daya nasabah, motivasi dan keterlibatan, pengetahuan, gayahidup. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan nasabahseorang di antaranya yaitu : faktor keadaan ekonomi, gaya hidup, religius. Jasaperbankan ialah suatu aktifitas ekonomi dalam sistem perbankan yangpelaksanaannya berdasarkan hukum islam.Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Analisis Faktor-Faktor PenentuNasabah Dalam Memilih Jasa Perbankan Syariah Cabang Pasaman Barat. Penelitianini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakanadalah regresi linier berganda.Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui kuosionermenggunakan penelitian lapangan (field research) dengn jumlah responden sebanyak50. Populasi dalam penelitian ini yaitu nasabah pada PT Bank Pembiayaan RakyatSyariah Cabang Pasaman Barat. Teknik pengumpulan data dilakukan denganpenelitian lapangan (Kuiesioner dan studi kepustakaan).Hasil dari penelitian ini adalah adanya pengaruh yang signifikan antaravariabel keadaan ekonomi terhadap keputusan nasabah pada PT Bank PembiayaanRakyat Syariah Cabang Pasaman Barat dengan hasil nilai t sebesar 0.675 maka adapengaruh keadaan ekonomi terhadap keputusan nasabah pada PT. Bank PembiayaanRakyat Syariah Cabang Pasaman Barat sedangkan nilai signifikan sebesar 0.007.serta adanya pengaruh yang signifikan antara variabel gaya hidup terhadap keputusannasabah pada PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Cabang Pasaman Barat, hasil nilai t sebesar 0.042 dengan nilai signifikan sebesar 0.758. dan adanya pengaruhsignifikan antara variabel religius terhadap keputusan nasabah, hasil nilai t sebesar0.032 dengan nilai signifikan 0.883 maka adanya pengaruh gaya hidup terhadapkeputusan nasabah pada PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Cabang PasamanBarat.