SWARA - Jurnal Antologi Pendidikan Musik
Vol 4, No 2 (2016)

PEMBELAJARAN RITMIK MELALUI MEDIA ALAT MUSIK BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK SISWA KELAS VI DI SD LABSCHOOL UPI

Sari, Hikmah (Unknown)
sukmayadi, yudi (Unknown)
gunara, sandie (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2016

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pembelajaran Ritmik melalui Media Alat Musik Berbasis Lingkungan Untuk Siswa Kelas VI di SD Labschool UPI. Fokus permasalahan yang dikaji meliputi materi yang diajarkan, metode yang digunakan, dan hasil dari pembelajaran ritmik di SD Labschool UPI. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis melalui pendekatan kualitatif. Metode tersebut digunakan untuk menguraikan dan menggambarkan, serta menganalisis fenomena pembelajaran ritmik. Penelitian ini dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, studi literatur, dan dokumentasi. Data tersebut diolah kemudian dianalisis untuk memperoleh pengertian dan makna yang berguna dalam memecahkan permasalahan yang ada pada pertanyaan penelitian. Berdasarkan temuan di lapangan, materi yang diajarkan lebih menitikberatkan pada pola ritmik sederhana menggunakan media alat musik berbasis lingkungan, metode pembelajaran yang digunakan tidak hanya terpaku pada satu metode saja, melainkan terdapat variasi beberapa metode. Metode pembelajaran tersebut adalah metode ceramah, demonstrasi, imitasi,(Kodaly), drill. Pertimbangan beberapa metode tersebut agar pembelajaran lebih bervariatif dan hasil pembelajaran ritmik dengan menggunakan alat lingkungan melalui materi ajar serta metode yang ditentukan memberikan dampak terhadap kepekaan rasa irama siswa, stabilitas tempo, serta kepedulian terhadap lingkungan.Kata kunci: Pembelajaran Ritmik, Media Alat Musik Berbasis Lingkungan,       Materi  Ajar, Metode Pembelajaran ABSTRACTThe study, entitled “Rhythmic Learning by Environment-Based Music Instrumental Media for Grader VI of SD Labschool UPI. This study focuses on problems including material taught, method used, and rhythmic learning performance in SD Labschool UPI. Method being used in this study is analytical descriptive by qualitative approach. The method is used to explain and describe, as well as analyze rhythmic learning phenomena. The research data were collected by means of observations, interviews, literature studies, and documentation. Those data are processed and, subsequently, analyzed to get understanding and meaning necessary to solve problems available on the study question. The field findings suggest material teaching place more pressure on simple rhythmic design using environment-based music instrumental media. The learning method used is not only fixed in one method, but rather there are some variations of methods in use. They are speech, demonstration, imitation (Kodaly), drill methods. The methods are considered to make learning have more variations, and rhythmic learning performance using environmental instrument by means of learning taught and method set is expected to have impact on student sensitivity to rhythmic sense, stability of tempo, and attention to environment. Keywords: Rhythmic Learning, Environment-Based Music Instrumental Media, Material Teaching, Learning Method

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

antomusik

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

1. Musik 2. Pendidikan Seni Musik 3. Pembelajaran Seni Musik 4. Komposisi Musik 5. Penelitian Seni Musik 6. Pertunjukan Seni Musik 7. Seni Musik Tradisional 8. Musik Komputer 9. Musik Kontemporer 10. Musik ...