Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis desain pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam yang terpusat pada mata pelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis metode yang digunakan yaitu studi kepustakaan (library research). Penelitian ini berisi rancangan desain pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam terpusat pada mata pelajaran. Salah satu desain yang paling populer dan paling banyak diminati. Pada penerapannya, desain pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam terpusat pada mata pelajaran sangatlah sederhana, mudah direncanakan, dilaksanakan, difahami, dan mudah pula untuk diadakan perubahan jika perlu. Desain ini juga disebut sebagai separated subject curriculum, karena kurikulum model ini tersusun atas sejumlah mata pelajaran dan diajarkan secara terpisah-pisah. Tujuan pembelajarannya yaitu untuk menguasai bahan dari tiap-tiap mata pelajaran yang ditentukan. Penekanannya lebih pada pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai masa lalu kemudian dipertahankan dan diwariskan pada generasi setelahnya. Desain ini sangatlah mudah dalam penyusunannya sehingga mudah dilakukan perubahan sewaktu-waktu untuk menyeimbangkan kemampuan peserta.
Copyrights © 2023