Jurnal Jurusan Ilmu Keolahragaan
Vol. 12 No. 1 (2024): April

Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kreativitas Dalam Pendidikan Jasmani

Ni Wayan Suardiati Putri (Unknown)
I Ketut Budaya Astra (Unknown)
Ketut Agustini (Unknown)
I Gde Wawan Sudatha (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2024

Abstract

Saat ini siswa tidak hanya mempunyai pengetahuan saja tetapi juga mempunyai keterampilan dan sikap. Untuk meningkatkan keterampilan dan sikap, siswa perlu diberikan pengalaman nyata dalam bentuk proyek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari literatur tentang peningkatan kreativitas siswa pendidikan jasmani melalui model pembelajaran berbasis proyek. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan PRISMA (Preferred Reporting Items For Systematic Review And Meta-Analyses) yang bertujuan untuk memastikan bahwa setiap proses yang dilakukan pada saat melakukan review berjalan secara sistematis. Penelusuran literatur dilakukan dengan bantuan aplikasi Publish or Perish. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi analisis teori dan hasil artikel ilmiah serta publikasi lainnya dengan tujuan untuk mengetahui dampak pembelajaran berbasis proyek. Hasil dari penelitian ini adalah Project Based Learning  (PjBL) dapat meningkatkan kreativitas siswa, dan pendidikan jasmani dengan model pembelajaran berbasis proyek membantu siswa menjadi aktif. Model pembelajaran PjBL dapat dijadikan acuan untuk diterapkan pada pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah. Model pembelajaran PjBL dapat diterapkan secara sistematis dan efektif di berbagai tingkat satuan pendidikan, mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Disimpulkan bahwa pentingnya PjBL dalam pendidikan jasmani untuk meningkatkan kreativitas siswa.

Copyrights © 2024