Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan
Vol 8 No 4 (2024): Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan

Mengungkap kepuasan pasien non-BPJS di RSUD RAA Soewondo Pati

Eunike, Debora (Unknown)
Cokki, Cokki (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2024

Abstract

This research was conducted to analyze whether service quality affect patient satisfaction, especially in RSUD RAA Soewondo Pati. There were 235 samples selected using consecutive sampling technique and analyze using PLS-SEM. The study results indicate that service quality affects non-BPJS patient satisfaction in outpatient and inpatient care. This finding indicates the importance of maintaining service quality to ensure patient satisfaction, both from the administration, nurses and doctors as well as facilities in the hospital. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien non-BPJS, khususnya di unit rawat jalan dan rawat inap RSUD RAA Soewondo Pati. Penelitian ini terdapat 235 sampel yang dipilih dengan menggunakan teknik consecutive sampling dan kemudian dianalisis menggunakan PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan pasien non-BPJS pada unit rawat jalan dan rawat inap. Temuan ini menandakan bahwa pentingnya upaya dari pihak rumah sakit dalam menjaga kualitas pelayanan guna memastikan kepuasan pasien, baik dari bagian administrasi, perawat dan dokter serta fasilitas yang ada di rumah sakit tersebut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jmbk

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan (E-ISSN: 2598-0289) is a peer-reviewed journal, which provides a forum for publishing scientific articles in management and business field, including genuine research result, novel scientific review, and critics or comments about management nowadays. Jurnal ...