Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 3 No. 3 (2023): Oktober 2023-Januari 2024

Miskonsepsi Pemahaman Materi Bangun Datar dengan Penerapan Teori Polya di Kelas PGMI-3, FITK, UIN Sumatera Utara Medan

Fitri Khoiroh Sayidah Harahap (Unknown)
Rora Rizky Wandini (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2023

Abstract

Bangun datar adalah topik matematika yang mendasar dan relevan untuk perkembangan pemahaman konsep geometri di berbagai tingkat pendidikan. Namun, seringkali siswa menghadapi miskonsepsi yang memengaruhi pemahaman mereka tentang materi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi yang terjadi dalam pemahaman materi bangun datar di PGMI 3, menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi munculnya miskonsepsi, dan juga mengembangkan teori polya dalam pembelajaran yang efektif untuk mengatasi miskonsepsi tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif serta metode survei dan tes untuk mengidentifikasi miskonsepsi yang terjadi di PGMI 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa miskonsepsi sering terjadi dalam berbagai aspek materi bangun datar, termasuk pemahaman tentang cara pengerjaan atau perhitungan luas serta keliling dan miskonsepsi dalam penggunaan satuan cm dalam soal bangun datar. Penelitian ini memberikan wawasan yang berharga tentang miskonsepsi dalam materi bangun datar dan memberikan panduan untuk pengembangan teori polya dalam pembelajaran yang efektif dalam mengatasi miskonsepsi ini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...