ELECTRANS
Vol 12, No 2 (2013): Volume 12, Nomor 2, Tahun 2013

PEMODELAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA PERUSAHAAN PETROKIMIA MENGGUNAKAN ZACHMAN FRAMEWORK

Vidila Rosalina (FTI Universitas Serang Raya Jl. Raya Serang-Cilegon Taman Kopasus)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2013

Abstract

Customer Relationship Management (CRM) memberikan kontribusi yang sangat penting terhadap pembentukan brand equity dan brand value suatu perusahaan. Dengan memanfaatkan CRM, perusahaan akan mengetahui apa yang diharapkan dan diperlukan pelanggannya sehingga akan tercipta ikatan emosional yang mampu menciptakan hubungan bisnis yang erat dan terbuka. Penelitian ini dilakukan pada  perusahaan petrokimia  PT. Titan Petrokimia Nusantara, Tbk. Dengan pemodelan sistem menggunakan kerangka kerja Zachman untuk memperoleh kondisi menyeluruh dari perusahaan yang dapat memisahkan antara data, proses, infrastruktur, orang, kejadian dan motivasi dalam berbagai perspektif. Pemodelan  sistem Customer Relationship Management (CRM) ini menggunakan menggunakan teknik pemodelan UML (Unified Modelling Language). Penelitian ini menghasilkan Pemodelan Customer Relationship Management (CRM) untuk perusahaan petrokimia dalam menangani kegiatan operasional pelanggan mulai dari sample request, customer trial, customer complaint, customer grouping sampai customer satisfaction. Pemodelan CRM ini akan digunakan sebagai acuan dalam implementasi sistem CRM di perusahaan petrokimia.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

electrans

Publisher

Subject

Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering

Description

Menerbitkan makalah-makalah original dalam bidang teknik elektro dan elektronika. Tim redaksi menerima kontribusi yang mendasar untuk pengembangan keilmuan teknik elektro dan aplikasinya, baik hasil riset teoritis ataupun ...