EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 7 No 2 (2023): EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar

MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR

Susetyo Rukmi, Asri (Unknown)
Istiq’faroh , Nurul (Unknown)
Nur Azizah , Alfina (Unknown)
Putri Pramudita , Adella (Unknown)
Aprilia, Vininda (Unknown)
Lin Tien-Hsiang, Mikko (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2023

Abstract

Rendahnya ketertarikan siswa terhadap pembelajaran muatan pelajaran Bahasa Indonesia siswa dikarenakan pembelajaran yang dilaksanakan masih konvensional. Pembelajaran secara konvensional menyebabkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran masih minim. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model problem based learning terhadap hasil belajar pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas I sekolah dasar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang diaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus penelitian tindakan kelas terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengematan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar dalam materi Awas Kuman muatan pelajaran Bahasa Indonesia ini, pada siklus I dengan kategori rendah, sehingga penelitian dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II rata-rata hasil belajar dalam materi Awas Kuman muatan Bahasa Indonesia dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model problem based learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar tematik muatan Bahasa Indonesia siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpd

Publisher

Subject

Other

Description

EduSTREAM merupakan jurnal berfokus pada perkembangan pendidikan sekolah dasar. Bahan kajian dalam jurnal EduSTREAM terdiri dari ilmu pengetahuan alam, teknologi, religi, etnopedagogi, seni, dan matematika. Jurnal yang diterbitkan merupakan hasil dari ...