Jurnal CARE
Vol 12, No 1 (2024): Juli

Implementasi Permainan Monopoli dalam Mengembangkan Bahasa Anak di TK Al-Imaniah Kota Parepare

Halifah, Syarifah (Unknown)
Nurzhafirah, Nurzhafirah (Unknown)
Suhartina, Suhartina (Unknown)
Misbar, Nurul Fadilah (Unknown)
Amriani, Sri Rika (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Bahasa adalah alat yang digunakan berpikir, mengapresiasikan diri, dan alat komunikasi dengan orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan permainan monopoli tema hewan guna mengembangkan bahasa pada anak kelompok B TK Al-Imaniah Kota Parepare. Permasalahan yang diidentifikasi adalah kemampuan bahasa anak yang masih rendah, ditandai dengan anak-anak yang belum mampu menjawab pertanyaan secara kompleks ketika diajukan pertanyaan dan kurangnya keterampilan berkomunikasi secara lisan untuk mengungkapkan perasaan karena kurangnya perbendaharaan kata. Fokus masalah yang dilakukan dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan anak dalam menyebutkan, mengklasifikasikan, dan menceritakan nama-nama binatang melalui permainan monopoli. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di TK Al-Imaniah Kota Parepare. Penilaian yang dilakukan peneliti melibatkan anak menyebutkan nama binatang yang terdapat pada permainan monopoli, mengklasifikasi binatang, serta menceritakan binatang tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan monopoli berhasil mengembangkan bahasa pada anak kelompok B TK Al-Imaniah. Penggunaan media permainan monopoli dapat mempengaruhi seluruh aspek anak, membuat anak senang dan bersemangat untuk belajar, serta memberikan pengalaman baru dalam belajar

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPAUD

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL CARE is a scientific journal on Early Childhood Education that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of early childhood education covering the fields of basic teaching in preschool, applied science and analytical-critical ...