Jurnal CARE
Vol 11, No 2 (2024): Januari

Manajemen Kelas untuk Pembelajaran Efektif di Lembaga Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Cahyani, Arin Nur (Unknown)
Alfina, Alisa (Unknown)
Anwar, Rosyida Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2024

Abstract

Pembelajaran efektif adalah hal yang perlu  digapai dari para pendidik. Kesulitan pada kelas menjadikan guru belum secara maksimal dalam mendidik peserta didik. Guru perlu untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kelas untuk pembelajaran efektif di RA PSM Gunungan Magetan. Subjek penelitian ini adalah ketua yayasan, kepala sekolah, 3 guru kelas, 1 guru pendamping, dan orang tua. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian pada sekolah Lembaga Pendidikan Islam Raudhatul Athfal PSM Gunungan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasu. Teknik analisis data penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran di manajemen kelas guna mencaapi pembelajaran efektif adalah aspek siswa, desain kelas, pembelajaran serta komunikasi. Guru membantu anak agar tercipta pembelajaran efektif dengan menerapkan model gaya belajar, menjaga lingkungan kelas, memastikan sarana prasarana sesuai kebutuhan anak, menjalankan proses KBM tersusun dan terarah menggunakan RPPH yang telah dibuat sesuai rencana bersama, dan menciptakan komunikasi yang sistematis dan mudah dipahami.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPAUD

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL CARE is a scientific journal on Early Childhood Education that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of early childhood education covering the fields of basic teaching in preschool, applied science and analytical-critical ...