Educandum Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 9 No 2 (2023): Jurnal Educandum

IMPLEMENTASI METODE PROJECT BASED LEARNING BERBASIS TEKS MULTIMODAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS

Syahriani, Irma (Unknown)
Al- Amin, Muh (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2023

Abstract

Penerapan metode pembelajaran project based leraning diharapkan siswabekerja sama untuk memecahkan suatu tantangan masalah atau pertanyaandengan memberikan mereka sebuah proyek. Tujuan dari penelitian ini adalahuntuk mengeksplorasi dan mengungkapkan perkembangan bahasa inggrissiswa dalam implementasi metode project based learning berbasis multimodaldi Pesantren Babul Khaer Bulukumba. Metode yang digunakan adalahdeskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah hasil rekaman interaksisiswa pada saat menampilkan proyek mereka, hasil proyek siswa, instrumentpenelitian dan hasil evaluasi. Ada beberapa tahap yang dilakukan dalampenggunaan project based learning didalam kelas diantaranya menemukan ide,merancang dan menyesuaikan proyek, mengerjakan proyek, menampilkanproyek dan evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaanmetode project based learning berbasis multimodal membuat siswa lebih aktifberkomunikasi dan berinteraksi satu sama lain menggunakan bahasa inggris.Siswa menjadi lebih berpikir kritis, kreatif dan inovatif dalam pembelajaran.Siswa juga banyak menguasai kosa kata baru. Dengan penggunaan projectbased learning berbasis multimodal dan melibatkan teknologi sebagai proyekmembuat siswa tidak hanya diam mendengarkan materi saja tetapi merekalangsung praktek menggunakan bahasa inggris sehingga perkembangan bahasainggris mereka sangat baik dan semakin berkembang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

educandum

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

Fokus kajian jurnal ini adalah berkaitan dengan penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan Lingkup jurnal Lektur Keagamaan meliputi 1. Pendidikan Agama 2. Pendidikan ...