National Multidisciplinary Sciences
Vol. 2 No. 2 (2023): Proceeding SIGMA-1

Penerapan Genre Based Approach dan Pembelajaran Berdiferen-siasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pelajaran Bahasa Inggris di Kelas X-6 SMAN 2 Jember

Wanodya, Rahina Manik (Unknown)
Fatkurochman, Henri (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2023

Abstract

Bahasa Inggris menjadi salah satu pelajaran yang diajarakan kepada peserta didik baik dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Terdapat 4 skill yang perlu dikuasai dalam bahasa Inggris yaitu listening (mendengar), reading (membaca), writing (menulis), dan speaking (berbicara). Seringkali guru masih kesulitan untuk mengembangkan 4 skill tersebut dalam pembelajaran. Terlebih lagi tingkat pemahaman peserta didik dalam kelas tentu beragam seperti yang terjadi di kelas X-6 SMA Negeri 2 Jember. Penelitian ini menggunakan Genre Based Approach untuk dapat membantu penerapan 4 skill dalam bahasa Inggris yang dibagi dalam beberapa pertemuan. Dengan menggunakan Genre Based Approach, proses pembelajaran dapat membuat peserta didik memahami secara utuh mengenai sebuah teks baik dalam segi pengetahuan dan juga keterampilan menulis. Dalam penerapan Genre Based Approach, peneliti menggabungkan dengan penggunaan pembelajaran berdiferensiasi untuk dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan penerapan Genre Based Approach dan pembelajaran berdiferensiasi pada materi Invitation kelas X-6 SMA Negeri 2 Jember Tahun Ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus. Data penelitian didapatkan dari hasil kerja peserta didik pada tiap pertemuannya dan didukung oleh lembar observasi untuk melihat respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Genre Based Approach dan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Invitation. Pencapaian ketuntasan belajar dari kondisi awal pra siklus yaitu 31% meningkat menjadi 78,13% pada siklus I dan 93% pada siklus II.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

nms

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Education Social Sciences

Description

Discover the diverse processes in National Multidisciplinary Sciences, with prospective papers from researchers and Community Service who are productive in their respective fields. Research and service reports support study demonstrations in current trends in society and observations through field ...