MULTIPLE: Journal of Global and Multidisciplinary
Vol. 2 No. 5 (2024): Mei

Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Guru Mata Pelajaran IPA Dalam Kurikulum Merdeka

Anisa Nurfadilah Nurdin (Unknown)
Mas’ud B (Unknown)
Afni Asisah (Unknown)
Irene Ayu Putri (Unknown)
Muhammad Fathus Shiddiq Batubara (Unknown)
Musdalifah (Unknown)
Nika Handayani (Unknown)
Nurjasia (Unknown)
Ria Reski (Unknown)
Thomas Tammu (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang digunakan guru untuk memenuhi kebutuhan individu dalam kelas, mempertimbangkan tingkat kesiapan, gaya belajar, minat, dan kebutuhan setiap siswa. Guru dapat memastikan bahwa setiap siswa memperoleh pengalaman belajar yang sesuai dengan kebutuhan mereka, sehingga meningkatkan kesadaran diri dan kemampuan mereka dalam mengembangkan kemampuan akademis. Dalam memenuhi kebutuhan siswa yang beragam maka diadakan kegiatan seminar yang bertujuan meningkatkan kemampuan guru dalam mengajar menggunakan pendekatan berdiferensiasi. Seminar ini membantu guru memahami bagaimana memfasilitasi siswa untuk memilih cara belajar yang sesuai dengan kebutuhan mereka dan bagaimana mengembangkan lingkungan belajar yang mendukung. Dengan demikian, guru dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa secara lebih efektif. Metode pelaksanaan yang digunakan pada kegiatan seminar yaitu pendekatan interaktif melalui diskusi tanya jawab yang diikuti oleh guru-guru mata pelajaran IPA jenjang SMP se-Kota Parepare. Diskusi tersebut bertujuan untuk memperdalam pemahaman peserta tentang pembelajaran berdiferensiasi dan bagaimana menerapkannya di kelas. Peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut sebanyak 60 orang. Berdasarkan hasil testimoni yang panitia lakukan, peserta seminar merasa puas dan mereka menyatakan telah mendapatkan pengetahuan baru terkait implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

multiple

Publisher

Subject

Religion Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

MULTIPLE: Journal of Global and Multidisciplinary is a peer-reviewed journal that aims to provide a platform for scholars, researchers, academics, and practitioners from diverse fields of study to contribute and exchange their knowledge, insights, and research findings. MULTIPLE: Journal of Global ...