Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi bahwa perlu adanya perhatian dalam pengajaran puisi disekolah yaitu pemilihan metode pembelajaran. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis teks drama melalui metode Somatis Auditory Visual Intellectual (SAVI) Kelas X SMA DHI Mapilli. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan melalui pendekatan PTK, yaitu dilaksanakan secara bersiklus yang dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta Hasil. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes, observasi, dan angket. Teknik Analisis Data digunakan adalah teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus I mencapai rata rata 42 sedangkan pada siklus II mencapai nilai rata rata 84 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa kelas X SMA DHI Mapilli mampu dan mengalami peningkatan kemapuan membaca puisi melalui metode SAVI.
Copyrights © 2023