Educative: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol. 1 No. 3 (2023): September-December 2023

Analisis Ketercapaian Program Guru Penggerak PAUD dalam Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi yang Berpusat pada Anak

Hilmiyah, Jauharoh (Unknown)
Widiastuti, Reski Yulina (Unknown)
Umami, Yuniarta Syarifatul (Unknown)
Rosyidah, Umi (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2023

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi bertujuan untuk dapat memaksimalkan tumbuh kembang anak sesuai dengan kemampuannya. Program Guru Penggerak sangat dibutuhkan sebagai pemimpin pembelajaran dengan model pembelajaran berdiferensiasi yang dapat mendorong perkembangan peserta didik dan pembelajaran yang berpusat pada anak. Akan tetapi, pada kenyataannya terdapat kendala yang kerap kali dialami oleh Guru Penggerak, diantaranya kendala yang berkaitan dengan waktu, faktor keluarga, dan mindset Guru Penggerak yang masih berfikir untuk berada pada zona nyaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana ketercapaian Program Guru Penggerak PAUD dalam pembelajaran berdiferensiasi yang berpusat pada anak. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif dengan teknik analisis data antara lain wawancara dan kuesioner. Dari hasil analisis data yang didapati bahwa Guru Penggerak dikatakan mampu untuk menjadi pemimpin pembelajaran yang berpusat pada anak. Akan tetapi, masih ada beberapa Guru Penggerak yang masih dalam proses penyesuaian dan belum mampu untuk menerapkan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

educative

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Educative: Jurnal Ilmiah Pendidikan is a peer-reviewed international journal which is published three times a year (April, August, December) in English under the responsibility of the science board. For more information about the journal, please visit: ...