Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia
Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia

PENGARUH METODE EKSPERIMEN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 DUM KOTA SORONG

Wahyuntari, Ani ( Alumni Magister pendidikan IPA Program Pascasarjana Universitas Cenderawasih)
Antoh, Alfred A. ( Universitas cenderawasih)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2016

Abstract

Telah dilakukan Penelitian tentang pengaruh metode eksperimen dan motivasi belajar terhadap penguasaan konsep pada pokok bahasan listrik dinamis siswa kelas IX SMP Negeri 1 Dum Kota Sorong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode eksperimen (X1) terhadap penguasaan konsep (Y), motivasi belajar (X2) terhadap penguasaan konsep (Y) serta secara bersama-sama penggunaan metode eksperimen (X1) dan motivasi belajar (X2) terhadap penguasaan konsep (Y). Hasil penelitian ini menunjukan ada pengaruh yang signifikan antara metode eksperimen, motivasi belajar dan secara bersama-sama metode eksperimen dan motivasi belajar terhadap penguasaan konsep pada pokok bahasan listrik dinamis pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Dum Kota Sorong. Kata Kunci : Metode Eksperimen, Motivasi Belajar, Penguasaan Konsep Fisika

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jipi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia (JIPI) adalah terbitan berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Program Magister Pendidikan IPA, Program Pascasarjana Universitas Cenderawasih. JIPI terbit 3 (tiga) kali dalam setahun pada bulan Februari, Juni, dan Oktober. JIPI merupakan sarana publikasi bagi akademisi ...