Mudabbir: Journal Research and Education Studies
Vol. 4 No. 1 (2024): Vol. 4 No. 1 Januari-Juni 2024

Pengaruh Permainan Ular Tangga Berbasis Game Based Learning Terhadap Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPA Materi Siklus Air di Kelas V SD/MI

Hasibuan, Agus Aini Purnama (Unknown)
Anas, Nirwana (Unknown)
Lubis, Ramadan (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa di Kelas Kontrol dan Kelas eksperimen sebelum menggunakan permainan ular tangga berbasis Game Based Learning pada mata pelajaran IPA kelas V materi siklus air SD Negeri 104205 Desa Tembung. Serta mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah diterapkan penggunaan permainan ular tangga berbasis Game Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian in adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 104205 Desa Tembung yang berjumlah 40 orang. Sampel penelitian ini menggunakan metode random sampling sehingga sampel pada penelitian ini adalah dua kelas yang terdiri atas satu kelas eksperimen (IV-B) dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang dan satu kelas kontrol (IV -A) dengan jumlah siswa 20 orang. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa adalah tes essay yang berjumlah 5 soal. Analisis data menggunakan uji statistic dengan bantuan program SPSS seri 26.0. hasil penelitian yang dilaksanakan, maka dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Permainan Ular tangga berbasis Game Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SD Negeri 104205 Desa Tembung.Hal ini juga dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis dimana nilai sig. (2-failed) pada kelas eksperimen 0,000 < 0,05 yaitu terdapat pengaruh pada perlakuan dikelas eksperimen maka, Ha diterima dan Ho ditolak pada taraf ?= 0,05. Untuk penelitian lebih lanjut hendaknya penelitian ini dapat dilengkapi dengan meneliti aspek lain secara terperinci yang belum terjangkau saat ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mudabbir

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Mudabbir (Journal Research and Education Studies) is Published by the Association of Indonesian Islamic Education Managers (PERMAPENDIS) North Sumatra. This journal aims to publish and disseminate the results of research and studies on education. Articles published in journals are the results of ...