Pembelajaran berbasis proyek terbukti secara empiris dapat menarik minat dan antusias mahasiswa serta dapat mendorong mereka untuk berpikir kritis saat mereka belajar dan menerapkan informasi baru dalam pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tau persepsi mahasiswa mengenai praktek PBL di kelas Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode campuran dimana menggunakan kuesioner dan wawancara sebagai instrumen. Data yang dikumpulkan dianaisis menggunakan statistik deskriptif dan analisis konten. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa menemukan banyak manfaat dalam proyek yang mereka lakukan, seperti mereka mempunyai banyak kesempatan untuk praktek berbicara dan menulis Bahasa Inggris. Bahkan, mahasiswa juga merasakan bahwa Bahasa Inggris mereka meningkat selama PBL. Beberapa tantangan juga didiskusikan dalam penelitian ini seperti: manajemen waktu, kelancaran berbahasa Inggris, ketersediaan fasilitas dan manajemen tim. Tulisan ini bermaksud untuk memberikan pengetahuan tentang bagaimana pandangan mahasiswa mengenai implementasi PBL, khususnya berkontribusi terhadap kajian mengenai penggunaan metode PBL pada kelas Bahasa Inggris di perguruan tinggi vokasi.
Copyrights © 2024