Waspada : Jurnal Wawasan Pengembangan Pendidikan
Vol 12, No 2 (2024): WASPADA

Perbedaan Karakter Kesopanan Siswa MI Nurul Huda Gebugan yang Tinggal di Pondok Pesantren dengan Siswa yang Tinggal Bersama Orang Tua

pgsd, Nisbandi (Unknown)
Karim, Abdul (Unknown)
Sarwono, Ridha (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2024

Abstract

Siswa dari MI Nurul Huda Gebugan sebagian tinggal di Pondok Pesantren DarussalamGebugan. Rumusan masalahnya yaitu apakah ada perbedaan karakter kesopanan siswa yang tinggal dipondok pesantren dan siswa yang tinggal bersama orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiPerbedaan Karakter Kesopanan Siswa Kelas VI MI Nurul Huda Gebugan yang Tinggal di PondokPesantren dengan Siswa yang Tinggal Bersama Orang Tua. Jenis penelitian ini adalah penelitiankuantitatif komparatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket.Hasil penelitian menunjukkan signifikansi 0,042 (p<0,05) maka hipotesis penelitianmenyatakan ada perbedaan karakter kesopanan yang signifikan antara siswa kelas VI MI Nurul HudaGebugan yang tinggal di pondok pesantren dengan siswa yang tinggal bersama orang tua. Perbedaankarakter kesopanan tersebut yaitu siswa kelas VI MI Nurul Huda gebugan yang tinggal di pondokpesantren memiliki karakter kesopanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa kelas VI MI NurulHuda gebugan yang tinggal bersama orang tua.Kata kunci: Karakter kesopanan, siswa, pondok pesantren, orang tua

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

waspada

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

WASPADA - Jurnal Wawasan Perkembangan Pendidikan diterbitkan oleh Fakultas Pengembangan Pendidikan Guru. Redaksi mengharapkan para peneliti, penulis dan pakar bidang Pendidikan dapat turut menyumbang naskah kemajuan dunia pendidikan dan jurnal ...