Muaddib: Islamic Education Journal
Vol 6 No 1 (2023): Muaddib: Islamic Education Journal

Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Tingkat SD pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Wulandari, Siska (Unknown)
Basuni, Firdaus (Unknown)
Febriyanti, Febriyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dan desain quasi experimental nonequivalent control group. Penelitian dilakukan pada peserta didik kelas IV A (eksperimen) dan IV B (kontrol) dengan jumlah masing-masing 31 peserta didik. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) diberikan dengan menggunakan media audio visual pada kelompok eksperimen, sementara kelompok kontrol menerima pembelajaran tanpa media tersebut. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest untuk mengukur pengaruh dari penggunaan media audio visual. Data yang telah terkumpul dilakukan analisis menggunakan teknik paired samples t-test dengan bantuan perangkat lunak SPSS untuk mengevaluasi pengaruh media audio visual. Sebelumnya, dilakukan uji normalitas dan homogenitas data. Selain itu, validitas instrumen diukur menggunakan validitas internal dengan rumus Product Moment dari Pearson. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan media audio visual dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah dasar (SD) memiliki dampak yang signifikan terhadap pencapaian hasil belajar peserta didik. Hal ini terlihat pada uji hipotesis menggunakan t test. Setelah semua pengujian dilakukan dapat diperoleh nilai posttest thitung sebesar 5,220, sedangkan ttabel 2,000. Dengan kata lain thitung > ttabel. Selain itu, analisis data menunjukkan bahwa kelompok eksperimen, yang menerima pembelajaran dengan media audio visual, memiliki rata-rata skor posttest yang lebih tinggi kelas eksperimen (85,32) dibandingkan dengan kelas kontrol (71,61). Meskipun tidak terdapat perbedaan signifikan dalam hasil pretest dan posttest antara kedua kelompok, uji statistik menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar antara keduanya. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual dalam pembelajaran dapat meningkatkan kualitas proses belajar mengajar yang pada akhirnya mempengaruhi hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

muaddib

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Muaddib: Islamic Education Journal (P-ISSN: 2722-9564) and (E-ISSN: 2722-9572) is a peer-reviewed journal published biannually (June & December) by Program Magister Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia. This journal ...