Layanan digital banking adalah salah satu cara dan inovasi yang dilakukan oleh bank untuk memberikan kepuasan kepada nasabahnya. Dengan perkembangan pesat industri keuangan, tidak semua orang bisa dengan mudah mengakses layanan keuangan yang mereka butuhkan. Sumber pendapatan bank dapat berasal dari margin bunga, fee-based income, dan lain-lain. Kondisi perekonomian yang tidak stabil dan penuh resiko pastinya akan berdampak besar bagi perbankan. Selain itu, perkembangan teknologi yang pesat memicu perubahan bisnis karena inovasi teknologi terus berkembang. Peningkatan layanan perbankan digital menjadi alternatif utama yang bisa dilakukan Perbankan di Indonesia untuk tetap bertahan di Tengah persaingan di industri perbankan. Penerapan layanan perbankan digital seperti mobile banking, QRIS, internet banking menjadi nilai tambah bagi produk perbankan dan menjadi salah satu faktor pendukung terciptanya kepuasan nasabah perbankan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan studi literatur pada beberapa jurnal penelitian dan artikel yang berfokus pada pengaruh perkembangan layanan digital banking terhadap kepuasan nasabah pada perbankan di Indonesia. Penelitian ini memberikan kajian yang mendalam mengenai dampak perkembangan layanan digital banking yang banyak berkembang saat ini terhadap terbentuknya kepuasan nasabah. Kepuasan nasabah terbentuk dari adanya kemampuan perbankan untuk memenuhi kebutuhan dan persepsi nasabah akan layanan dan produk yang ditawarkan.
Copyrights © 2024