cover
Contact Name
trianom suryandharu
Contact Email
lppm@machung.ac.id
Phone
+62341-550171
Journal Mail Official
lppm@machung.ac.id
Editorial Address
https://ocs.machung.ac.id/index.php/seminarnasionalmanajemenakuntans/about/editorialTeam
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Prosiding Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis Universitas Ma Chung
  • seminarnasionalmanajemenakuntans
  • Website
Published by Universitas Ma Chung
ISSN : -     EISSN : 28082826     DOI : -
Core Subject : Economy,
Prosiding Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis merupakan prosiding yang menjadi media publikasi atas makalah atau paper yang diseminarkan pada seminar yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ma Chung. Prosiding terbit setiap 2 tahun sekali yaitu pada bulan Oktober dengan ISSN 2808-2826. Bidang Cakupan: Akuntansi Keuangan dan Pasar Modal Akuntansi Manajemen dan Keperilakuan Perpajakan Pendidikan Akuntansi Sistem Informasi Akuntansi Corporate Governance, CSR Manajemen Keuangan Manajemen Pemasaran Manajemen SDM Family Business Management Supply Chain Management
Articles 26 Documents
Implementasi Produk Mikro Kreasi bagi Perkembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Era Pandemi Covid-19 Erika Hamim; M. Syarif H. Elmas; Seger Priantono
Prosiding Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 (2021): Prosiding Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Ma Chung Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (895.111 KB) | DOI: 10.33479/sneb.v1i.77

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui implementasi dari Produk Mikro Kreasi bagi perkembangan usaha kecil dan menengah di Kota Probolinggo. Jenis penelitan yang digunakan adalah penelitian kualitatif dimana peneliti menggunakan teknik wawancara secara langsung terhadap nasabah pengguna produk Mikro Kreasi dan juga menggunakan jenis penelitian kuantitatif sebagai pendukung dengan menunjukkan persentase pertumbuhan usaha ditinjau dari peningkatan pendapatan sebelum dan setelah menggunakan produk ini di masa pandemi covid-19. Sampel yang di teliti adalah 10 informan. Peneliti melakukan metode pengumpulan data dokumentasi yang berasal dari sumber data primer dan sekunder berupa wawancara secara langsung dan laporan tahunan PT. Pegadaian selama periode pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dari data 10 nasabah produk Ultra Mikro Kreasi PT. Pegadaian Kota Probolinggo terdapat 2 informan yang mengalami peningkatan pendapatan karena pendapatan yang didapat digunakan untuk mengembangkan usaha yaitu menambah jenis usaha untuk bertahan di masa pandemi Covid-19 dan 1 nasabah yang tidak mengalami peningkatan maupun penurunan atau dapat dikatakan pendapatannya stabil dalam perkembangan usahanya di masa pandemi Covid-19 dengan memanfaatkan sosial media dalam pemasaran produknya. Terdapat juga 7 nasabah yang tidak mengalami peningkatan pendapatan, karena pendapatan yang didapat untuk menambah peralatan usahanya. Kata Kunci : Produk Kreasi, Usaha Kecil Menengah (UKM) Dan Covid-19.
Implementasi Supply Chain Management pada PT Central Proteina Prima Tbk. Ryan Ariesco Wijaya; Novie Maria Setiawati
Prosiding Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 (2021): Prosiding Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Ma Chung Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (651.084 KB) | DOI: 10.33479/sneb.v1i.89

Abstract

Perkembangan dunia teknologi dalam globalisasi membawa dampak terhadap persaingan di dunia bisnis. Perusahaan berlomba-lomba untuk berkembangan dan mendapatkan keuntungan yang besar. Supply chain Management sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk membantu proses perkembangan perusahaan. PT Central Proteina Prima Tbk (CP Prima) sebagai perusahaan budidaya udang terdepan di Indonesia melakukan praktek supply chain management khususnya dalam hal pemilihan lokasi, teknologi pembibitan dan otomatisasi. Sebagai upaya dalam menjaga kualitas produksi dan manajemen, department audit internal serta department sistem dan prosedur. PT. Central Proteina Prima, Tbk. telah merancang dan memberlakukan sejumlah kebijakan dan mekanisme terkait pengendalian internal. PT Central Proteina Prima Tbk tidak lepas dari usaha mencapai keberlanjutan (sustainability) dari aspek lingkungan. PT Central Proteina Prima Tbk harus meningkatkan usaha mereka yang berkaitan dengan lingkungan di sepanjang supply chain supaya tetap terjaga. Secara keseluruhan, PT Central Proteina Prima Tbk sudah mengelola supply chain management dari hulu ke hilir dengan baik. Namun, masih perlu meningkatkan pengawasan terhadap kualitas air tambak binaannya. Hal ini menunjukkan bahwa departemen animal health service masih memerlukan SOP pembinaan yang lebih ketat.
Daya Inovasi Pada Kinerja Karyawan Ferri Kuswantoro
Prosiding Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 (2021): Prosiding Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Ma Chung Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (605.101 KB) | DOI: 10.33479/sneb.v1i.91

Abstract

Innovation is the main support especially in improving employee performance. Many studies had explained the importance of managerial training and team work in pursuing growth. However, studies that explained how the role of innovation in driving the relationship between training and teamwork on employee job satisfaction are rare. The purpose of this research is to examine the role of innovativeness in driving the relationship between training and team work on employee job satisfaction. Using a sample of 165 respondents with questionnaire from employees in general supported by AMOS version 24 the results of the study showed that there was a significant positive effect between teamwork on the innovativeness and employee job satisfaction. There was a significant positive effect between the relationship of innovativeness on employee job satisfaction but there was no significant positive effect between managerial training on the innovativeness and employee job satisfaction. The final result indicated that the innovativeness partially mediated a significant positive relationship between teamwork and employee job satisfaction.
Perlakuan Biaya Pendidikan dan Pelatihan pada Balai Diklat Keuangan Balikpapan : Pendekatan Activity Based Costing Miswaty Miswaty; Ade Lista
Prosiding Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 (2021): Prosiding Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Ma Chung Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (791.164 KB) | DOI: 10.33479/sneb.v1i.113

Abstract

Balai Diklat Keuangan Balikpapan adalah salah satu unit vertikal yang berada di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan yang memiliki tugas dan fungsi melaksanakan pendidikan dan pelatihan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Keuangan melalui pendidikan dan pelatihan keuangan negara di daerah, dengan wilayah kerja yaitu Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Selatan. Pada tahun 2019, pada tahun 2019 mengelola Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) sebesar Rp10.515.220.000. Data realisasi dan capaian penyerapan DIPA pada Balai Diklat Keuangan Balikpapan sampai dengan akhir tahun anggaran 2019 yaitu sebesar Rp10.152.079.589. Pada tahun 2019 Balai Diklat Keuangan Balikpapan telah menyelenggarakan sebanyak 27 pelatihan dengan realisasi peserta sebanyak 956 peserta. Salah satu pelatihan yang diselenggarakan adalah Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Golongan II Periode II dengan rencana peserta 60 orang dan realisasi peserta sebanyak 59 orang atau sebesar 98,33%. Terdapat perbedaan hasil perhitungan ABC System dengan Standar Biaya yang digunakan oleh Balai Diklat Keuangan Balikpapan. Perbedaan perhitungan terjadi karena dalam perhitungan sesuai Standar Biaya hanya menghitung biaya yang terkait secara langsung dengan diklat saja yaitu untuk komponen Direct Material dan Direct Labor, sedangkan perhitungan berdasarkan Activity Based Costing System menghitung seluruh biaya yang terkait dengan diklat yang berupa direct material, direct labor, dan factory overhead. Dengan demikian selisih diantara keduanya adalah senilai factory overhead.
Communal Marketplace Berbasis Koperasi sebagai Salah Satu Terobosan Inovasi bagi Pelaku UMKM Indonesia di Masa Pandemi Covid-19 Audito Aji Anugrah; Seno Aji Wahyono
Prosiding Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 (2021): Prosiding Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Ma Chung Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (814.884 KB) | DOI: 10.33479/sneb.v1i.114

Abstract

Pandemi COVID-19 merupakan salah satu wabah yang khususnya memberikan dampak perekonomian bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Adanya pembatasan aktivitas kegiatan ekonomi menyebabkan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah kehilangan akses dalam memasarkan produknya. Solusi atas permasalahan tersebut dapat dijawab dengan melakukan promosi secara digital. Kegiatan Promosi Digital salah satunya adalah marketplace. Belajar dari marketplace arus utama dimana menggunakan sistem sharing economy dan teknologi peer to peer dalam proses bisnisnya. Melalui Artikel ini, akan mencoba mengeksplorasi bahwa dimasa pandemic COVID-19 para pelaku UMKM dapat membentuk sebuah marketplace kepemilikan bersama (communal marketplace) dengan mengadopsi teknologi dari marketplace arus utama. Namun tentunya dalam membentuk tersebut perlu peran kolaborasi antara pemerintah dan perguruan tinggi dalam menciptakan communal marketplace tersebut. Tentunya dalam menciptakan model bisnis tersebut terdapat tantang yang dihadapi dan harapannya dapat diaplikasikan dan dikembangkan melalui sebuah pilot project.
Pengaruh Digital Marketing terhadap Peningkatan Kinerja Pemasaran UMKM Pariwisata di Kabupaten Toba Indonesia Dwita Soave Natio Marbun; Mariana Simanjuntak
Prosiding Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 (2021): Prosiding Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Ma Chung Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1147.226 KB) | DOI: 10.33479/sneb.v1i.125

Abstract

Dilihat dari karakteristik wilayah Indonesia, UMKM sektor pariwisata menjadi salah satu pemegang peran penting dalam pertumbuhan di Indonesia. Akibat dari COVID-19 membuat para pelaku UMKM harus mencari cara agar tetap bertahan dan berkembang. Digital marketing merupakan salah satu soluai dalam meningkatkan pemasaran UMKM di Indonesia. Namun, hasil dari wawancara ke beberapa UMKM Pariwisata di Kabupaten Toba dan juga studi literatur masih ditemukan UMKM yang belum menerapkan digital marketing. Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada atau tidaknya pengaruh dari penerapan digital marketing terhadap peningkatan kinerja pemasaran UMKM Pariwisata sebagai acuan bagi pelaku UMKM dalam peningkatan kinerja pemasaran. Hasil dari studi literatur dan wawancara kepada 10 pelaku UMKM yang telah menerapkan digital marketing, variabel yang digunakan pada penelitian ini ialah social media marketing capability, e-commerce adoption, instant messaging orientation, digital marketing dan kinerja pemasaran. Pengumpulan data berupa penyebaran kuesioner cetak dan kuesioner online sebanyak 132 kepada para pelaku UMKM Pariwisata di Kabupaten Toba yang telah menggunakan digital marketing kemudian di analisis menggunakan metode Structural Equation Modeling dengan bantuan software AMOS. Kesimpulan diperoleh bahwa terdapat pengaruh digital marketing terhadap peningkatan kinerja pemasaran UMKM Pariwisata di Kabupaten Toba dan dapat diambil implikasi manajerial sebagai alternatif kebijakan dalam peningkatan kinerja pemasaran UMKM Pariwisata di Kabupaten Toba menggunakan media pemasaran digital.
Tantangan dan Strategi UMKM Milik Keluarga (Bisnis Keluarga) Bidang Makanan dan Minuman dalam Menghadapi Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar selama Pandemi Virus Corona (Covid-19) di Indonesia Laura Stefanie Kwa
Prosiding Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 (2021): Prosiding Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Ma Chung Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (882.838 KB) | DOI: 10.33479/sneb.v1i.126

Abstract

Keberadaan UMKM sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Namun, sejak Covid-19 pertama kali dikonfirmasi menyebar di Indonesia, kinerja UMKM mengalami penurunan penjualan. UMKM dalam bidang makanan dan minuman, khususnya yang dikelola oleh keluarga, merupakan salah satu industri yang paling terdampak akibat Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan untuk menganalisis hal-hal yang berkaitan dengan penurunan penjualan UMKM dalam bidang makanan dan minuman, khususnya yang dikelola oleh keluarga. Hasil penelitian menunjukan penurunan terjadi setelah ditetapkannya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar sebagai salah satu upaya pemerintah (daerah) untuk meminimalisir penularan Covid-19. Penelitian menunjukan penurunan omzet hingga 50%, bahkan penurunan penjualan hingga hingga 90% pada UMKM keluarga dalam bidang makanan dan minuman. Oleh karena itu, strategi-strategi pengelolaan usaha untuk mempertahankan UMKM selama masa pandemi Covid-19 perlu dilakukan meskipun pemerintah telah menetapkan kebijakan untuk memperpanjang tenggat waktu dan mengurangi bunga pinjaman untuk UMKM.
Peningkatan Kinerja Pemasaran UMKM Pariwisata melalui Orientasi Pasar dan Strategi Competitive Advantage bagi Pemulihan Sektor Pariwisata di Kabupaten Toba Indonesia Rut Juni Grace Silalahi; Mariana Simanjuntak
Prosiding Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 (2021): Prosiding Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Ma Chung Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (913.276 KB) | DOI: 10.33479/sneb.v1i.128

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel yang mempengaruhi peningkatan kinerja pemasaran UMKM Pariwisata menggunakan strategi competitive advantage. Penelitian ini dapat menjadi salah satu rekomendasi kepada pelaku UMKM Pariwisata dan pemerintah untuk meningkatkan kinerja pemasaran UMKM khususnya bagi pemulihan sektor pariwisata. Pemilihan variabel diperoleh melalui wawancara terhadap pelaku UMKM dan studi literatur. Variabel penelitian terdiri dari orientasi pasar (X1), orientasi kewirausahaan (X2), lingkungan (X3), strategi competitive advantage (Y1) dan kinerja pemasaran (Y2). Sampel penelitian menggunakan 100 pelaku UMKM Pariwisata. Metode yang digunakan adalah SEM (Structural Equation Modelling) dengan pendekatan PLS Versi 3. Hasil nilai R square menunjukkan bahwa pengaruh orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan lingkungan terhadap kinerja pemasaran sebesar 76,1%. Pengaruh orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan lingkungan terhadap strategi competitive advantage sebesar 74,8%. Hipotesis menunjukkan bahwa orientasi pasar dan strategi competitive advantage berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kinerja pemasaran yang dijadikan sebagai variabel atau faktor untuk meningkatkan kinerja pemasarannya UMKM.
Peran Wanita dalam Peningkatan Nilai Tambah Ekonomi Sampah Rumah Tangga melalui Pengelolaan Bank Sampah di Lingkungan Perumahan Larangan Mega Asri Sidoarjo Dana Aditya; Ni Ketut Yulia Agustini; Indahwati Indahwati
Prosiding Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 (2021): Prosiding Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Ma Chung Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (916.226 KB) | DOI: 10.33479/sneb.v1i.131

Abstract

Persepsi masyarakat tentang sampah, kebiasaan masyarakat yang masih membuang sampah sembarangan dan terbatasnya lahan TPA (Tempat Pembuangan Akhir) menjadi persoalan yang hingga saat ini belum bisa ditangani. Manusia yang menghasilkan sampah maka seharusnya manusia tersebut yang harus bertanggung jawab untuk mengelolanya sendiri. Kebanyakan masyarakat hanya melihat sampah sebagai barang yang remeh, tidak berguna, tidak berharga, menjijikkan, dan sumber kuman serta penyakit. Bank Sampah menjadi salah satu solusi yang efektif untuk bisa mengurangi jumlah sampah yang dikirim ke TPA. Bank Sampah memberikan manfaat kepada lingkungan sosial dan ekonomi terhadap pengurangan sampah sebelum sampai ke TPA, sekaligus mampu untuk mencipatakan peluang kerja.
Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Produksi dan Pemasaran Jamur Tiram Berbasis Digital di Kabupaten Sumedang Jawa Barat Kartib Bayu; Yogi Makbul; Pringgo Dwiyantoro; Edi Kusniadi; Andhika Riyadi; Ari Nurfadillah; Ari Munawar; Gilang Fauzy M
Prosiding Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 (2021): Prosiding Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Ma Chung Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (364.168 KB)

Abstract

Terjadinya wabah pandemi Covid 19 berdampak terhadap penurunan permintaan jamur tiram segar, keterlambatan pengiriman, dan kualitas jamur cepat rusak, sehingga harga jual menjadi rendah bahkan sampai tidak bisa dijual. Para petani jamur tiram di Kabupaten Sumedang belum melakukan pengaturan produksi dan teknis pemasarannya dilakukan secara langsung. Dilain pihak jika produksi berkurang permintaan pasar tidak terpenuhi, padahal petani lain kelebihan produksi, akhirnya petani rugi karena produknya rusak dan tidak bisa dijual. Tujuan terapan inovasi adalah untuk mengetahui karakteristik pengusaha jamur dan kondisi usaha jamur pada masa pandemi Covid 19, dampak pandemi Covid 19 terhadap aktivitas usaha, dan membangun sistem informasi manajemen produksi dan manajemen pemasaran jamur tiram berbasis digital. Metode yang digunakan yaitu wawancara dan observasi lapangan, desain Platform digital, pembuatan platform digital, literasi Platform digital, Uji coba (treatmnent) lapangan, implementasi dan pendampingan pengoperasian dan pemanfaatan platform sistem informasi manajemen. Setiap tahapan kegiatan dilakukan kajian dan analisis. Unit analisisnya adalah pengusaha jamur sebanyak 21 orang di Kabupaten Sumedang. Teknis analisis adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil terapan inovasi menunjukkan bahwa karakteristik pengusaha jamur tiram berdasarkan umur, pendidikan, dan pengalaman berusaha jamur cukup memadai untuk mengelola usaha jamur secara profesional. Nilai omset usaha jamur tiram selama pandemi Covid 19 rata-rata Rp 10.839.524 per bulan dan penyerapanan tenaga kerja rata-rata 3 orang per perusahaan. Selama pandemi Covid 19 aktivitas usaha jamur tiram masih tetap beroperasi walaupun terjadi penurunan kapasitas produksi. Pembangunan platform digital sistem informasi manajemen produksi dan pemasaran jamur tiram telah mengakomodasi keragaman variasi objek yang menjadi komoditas dan pola kegiatan ekonomi dari pengusaha jamur. Implementasi platform digital sistem informasi manajemen produksi dan manajemen pemasaran, telah dapat memenuhi kebutuhan para pengguna, sebagian besar sudah paham dalam pengoperasian dan pemanafaatan platform serta informasi yang disajikan sudah lengkap sesuai dengan kebutuhan para pengusaha jamur. Kata Kunci : Manajemen Produksi, Manajemen Pemasaran, Jamur Tiram, dan Platform digital

Page 1 of 3 | Total Record : 26